BERITA

FGD Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)

Focus Group Discussion (FGD) Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) diselenggarakan di Hotel Aston Kupang tanggal 19 September 2017. FGD ini dihadiri 14 (empat belas) instansi oleh UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan, BP3TI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), BRI Syariah, Biro Perekonomian Setda Provinsi NTT, Dinas Koperasi Kota Kupang, Setda Kabupaten Timor Tengah Selatan, Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Belu, PT. Permodalan Nasional Madani (PNM), Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA), Universitas Muhamadiyah Kupang, Direktorat Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan KPPN Kupang.

Acara FGD ini diinisiasi oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Sekjen Kementerian Keuangan dengan tujuan untuk mendapat masukan terkait penyaluran pembiayaan UMi. Nurhidayat, Direktur Pembiayaan dan Pendanaan 2 PIP, menyatakan bahwa tujuan FGD ini selain untuk mendapatkan masukan penyaluran pembiayaan UMi juga sekaligus untuk evaluasi penyaluran UMi yang telah disalurkan di So’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penyaluran UMi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian UMKM dan mengentaskan kemiskinan.

Acara FGD dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Nusa Tenggara Timur, I Nengah Gradug, dalam sambutannya Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT menyatakan bahwa tujuan pemerintah adalah untuk mensajehtarakan masyarakat dengan berbagai program mulai dari Dana Desa, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan pembiayaan UMi. Pembiayaan UMi diharapkan tidak hanya bersumber dari pemerintah pusat namun juga ada partisipasi pembiayaan dari pemerintah daerah.

Selanjutnya acara FGD dilanjutkan oleh diskusi yang dipandu oleh Zakir Machmud dari UKM Center (UKMC) Universitas Indonesia, dengan tujuan untuk mendapatkan sharing pengalaman serta masukan dari pemerintah daerah sehingga dapat menyempurnakan pelaksanaan penyaluran UMi. Peserta diskusi menyambut baik adanya pembiayaan UMi dan memberikan masukan sesuai dengan pengalaman masing-masing pemerintah daerah.