BERITA

“HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA” SEBUAH REFLEKSI KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN PROV. NTT

HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA

SEBUAH REFLEKSI KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN PROV.NTT

Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang jatuh pada 9 Desember 2017, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT mengadakan berbagai kegiatan yang bersifat Upaya Meningkatkan Komitmen Anti Korupsi, Langkah Nyata Dukungan Anti Korupsi dan Kampanye Anti Korupsi.

Dalam upaya meningkatkan komitmen anti korupsi sekaligus merupakan puncak acara, panitia menyelenggarakan sebuah acara yang melibatkan seluruh pegawai yang berlangsung di aula Kanwil DJPb Prov.NTT, GKN Kupang Lantai 3. Diawali dengan prakata dan salam perbendaharaan, selanjutnya seluruh pegawai mengikuti dengan seksama pengarahan oleh Kepala Kanwil DJPb Prov NTT. Dalam pengarahannya beliau menegaskan pentingnya upaya secara terus-menerus dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dimulai dari masing-masing individu. Adapun caranya adalah dengan mengimplementasikan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan khususnya nilai “INTEGRITAS”, kemudian penegakan Kode Etik dan Disiplin Pegawai serta selalu memperhatikan “Kewajiban dan Larangan Pegawai Negeri Sipil”. Setelah memberikan pengarahan, beliau berkenan menyematkan PIN ANTI KORUPSI kepada perwakilan pegawai. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film animasi Anti Gratifikasi disusul penyajian materi mengenai “Pengembangan Budaya Anti Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi”, Ikrar Bersama Anti Korupsi, Penandatanganan Deklarasi Anti Korupsi, Lomba Baca Puisi dan Lomba Scrabble Anti Korupsi. Sebagai penutup, seluruh pegawai yang telah mengenakan PIN ANTI KORUPSI melakukan foto bersama dengan posisi tangan yang menunjukkan penolakan terhadap korupsi dan gratifikasi.

Sebagai langkah nyata dukungan anti korupsi, seluruh pegawai diberikan kesempatan untuk menuangkan hal-hal yang dipandang belum sejalan dengan semangat anti korupsi. Masukan dari para pegawai kemudian dikelompokkan menjadi butir-butir kesepakatan yang dituangkan ke dalam “Deklarasi Anti Korupsi” yang ditandatangani oleh  seluruh pegawai.

Selanjutnya Kanwil DJPb Provinsi NTT juga mengajak masyarakat agar terlibat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan melakukan kampanye anti korupsi. Adapun meda yang digunakan antara lain banner dan pembagian PIN Anti Korupsi kepada Satker. [kontributor-Nurhidayat]

Penyematan Pin Anti-Korupsi secara Simbolis oleh Bpk. I Nengah Gradug kepada perwakilan pegawai 
[Penyematan Pin Anti-Korupsi secara Simbolis oleh Bpk. I Nengah Gradug kepada perwakilan pegawai] [Menolak Korupsi dan Gratifikasi]