BERITA

FGD Penyelenggaraan End User Training (EUT) SAKTI dalam rangka persiapan implementasi Piloting SAKTI Tahap IIIC

Bandarlampung, djpbn.kemenkeu.go.id/kppn/bandarlampung, -

KPPN Bandar Lampung mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyelenggaraan End User Training (EUT) SAKTI dalam rangka persiapan implementasi Piloting SAKTI Tahap IIIC dengan seluruh kantor vertikal Ditjen Pajak (DJP) dan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) dalam wilayah kerja KPPN Bandar Lampung yang berjumlah 8 (delapan) Satuan Kerja.

Bertempat di aula KPPN Bandar Lampung Jumat, 14 September 2018 pada sambutannya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung Bapak Alfiker Siringo-ringo meminta komitmen selurah Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pendantangan SPM untuk menyukeseskan pelaksanaan Piloting SAKTI Tahap IIIC.  

Sedangkan overview/gambaran umum pekasanaan Piloting SAKTI Tahap IIIC disampaikan oleh Kepala KPPN Bandar Lampung Bapak Abdul Rahman, pada sesi tanya jawab sekaligus diskusi terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan menggambarkan bahwa seluruh Satuan Kerja  kantor vertikal Ditjen Pajak (DJP) dan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) di wilayah kerja KPPN Bandar Lampung siap untuk menyukseskan  implementasi Piloting SAKTI Tahap IIIC.

Implementasi Piloting SAKTI telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 223/PMK.05/2015 tanggal 15 Desember 2015 tentang Pelaksanaan Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi, sebagaimana terakhir telah diubah dengan PMK nomor185/PMK.08/2017 tanggal 4 Desember 2017.

Sesuai amanat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK-962/KMK.05/2017 tanggal 27 Desember 2017 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI Lingkup Kementerian Keuangan, target Piloting SAKTI Tahap IIIC Pada tahun 2018 mencakup seluruh satker Vertikal Ditjen Pajak dan Ditjen Bea dan Cukai sebanyak 725 satker.

Salah santu bentuk kegiatan pelatihan dalam rangka mendukung persiapan Piloting SAKTI Tahap IIIC yang akan dilaksanakan KPPN Bandar Lampung adalah End User Training (EUT) SAKTI, yang akan dilaksanakan mulai 17 s.d. 21 September 2018. Sedangkan Materi yang akan disampaikan dan disimulasikan selama End User Training (EUT) SAKTI tahap IIIC mencakup pelatihan perekaman data referensi dan data user satker Piloting SAKTI, Pelatihan perekaman data RKAKL/DIPA TA. 2019, Proses perekaman dalam rangka pembayaran belanja pegawai/PPNPN bulan Januari tahun 2019, Pelatihan pembuatan SPM UP/TUP/GUP dan Materi lain yang diperlukan.