PENGUMUMAN

BERITA

Lomba Cerdas Perbendaharaan Tingkat MTsN Se-Kabupaten Dan Kota Blitar: Ajang Pamungkas Rangkaian Kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 Pada KPPN Blitar

Blitar, http://www.djpbn.kemenkeu.go.id/kppn/blitar/id/ - Menutup rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 KPPN Blitar Kamis (25/01) menggelar Lomba Cerdas Perbendaharaan dengan mengambil tempat di Aula KPPN Blitar.

Sebanyak 18 orang peserta siswa/siswi yang menjadi peserta berasal dari perwakilan 9 MTs Negeri  sekabupaten dan Kota Blitar dengan didampingi Bapak/Ibu Guru dari masing-masing sekolah. Tampak raut wajah senyum ceria peserta yang mengikuti dengan antusias kegiatan dengan maksud sebagai  media edukasi  seputar  APBN dan Pengetahuan Umum termasuk mengenai peran, tugas, fungsi Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan KPPN sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan yang menyalurkan dana APBN di daerah ini. Acara yang dipandu duet  Arinin Musta’idah dan Rofiqoh Muthia Anggraini tampil semarak dari awal hingga akhir acara. Tampak pula para  Kepala Seksi bertindak sebagai dewan juri lomba cerdas Perbendaharaan. Tampil sebagai pemenang Lomba Cerdas Perbendaharaan berturut-turut yaitu, Aldo Febio F. (MTsN Jambewangi Kab. Blitar) Sebagai Peringkat Pertama, kemudian Dzuria Hilma Q.A. (MTsN Jabung Kab. Blitar) Sebagai pemenang peringkat Kedua dan Suwilda Alvi Yusin (MTsN Sumberejo) Sebagai pemenang peringkat ketiga.

Sehari sebelumnya, Rabu (24/1) Acara Refleksi (Tasyakuran) dilaksanakan dengan paparan Kepala KPPN Blitar tentang  Sejarah Perkembangan Ditjen Perbendaharaan dari Era Reformasi Hingga Era Milenial,  mengusung tema “Tingkatkan Literasi untuk Menggemakan Pembangunan”. Refleksi sekaligus Sosialisasi Evaluasi Pelaksanaaan Tugas Tahun Anggaran 2017 dan Optimalisasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dilaksanakan sekaligus materi  Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2016 tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Negara/Daerah bagi PNS atau pejabat lainnya, kemudian  pengelolaan Rekening Pemerintah,  ketentuan/peraturan terbaru di bidang perbendaharan, pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM  dan tidak ketinggalan materi  Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa. Acara tersebut dihadiri oleh Seluruh Satker di wilayah pembayaran KPPN Blitar, perwakilan staf Bank mitra kerja KPPN Blitar termasuk unsur Pemda Kabupaten Blitar, Kota Blitar dan Kabupaten Tulungagung. Prosesi pemotongan tumpeng Kepala KPPN Blitar yang diserahkan kepada Nida Ulhasanah yang mewakili  Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Kota Blitar sebagai representasi perwakilan satker mitra kerja baru di Tahun 2018 pada KPPN Blitar.

Pelaksanaan Hari Bakti Perbendaharaan 2018 yang melibatkan satuan kerja juga dilaksanakan dalam bentuk olah raga bersama, yaitu Senam Aerobic dan Volleyball pada Jumat (12/1). Kegiatan dimulai pukul 07.00 dengan sedikit sambutan dari Kepala KPPN Blitar dan doa, kemudian dilanjut dengan senam bersama yang diinstrukturi oleh penggiat senam Kota Blitar. Setelah selesai senam dan tamu undangan telah menikmati kudapan sederhana, acara dilanjut dengan pertandingan voli antara 2 tim yang masing-masing tim beranggotakan gabungan perwakilan satker-satker.

Masih dalam rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan 2018, KPPN Blitar bekerja sama dengan PMI Kabupaten Blitar, Kamis (18/01) Perbendaharaan Berbagi  diawali berupa kegiatan donor darah pejabat pegawai KPPN Blitar termasuk perwakilan dari Satuan Kerja Mitra KPPN Blitar. Sebanyak 25 Kantong darah berhasil dihimpun pada kegiatan tersebut.  Selanjutnya Kegiatan Perbendaharaan Berbagi sebagai wujud pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat  pada Jumat (19/1)  dilakukan dengan mengunjungi  Panti Asuhan Ibadurrohman untuk bersilaturahmi sekaligus memberikan santunan berupa pakaian layak pakai, sembako, dan sejumlah uang tunai yang melibatkan sumbangan sukarela  dari semua pejabat dan pegawai KPPN Blitar. 

Pelaksanaan program Perbendaharaan Peduli Lingkungan Jumat (19/1) berupa penanaman pohon bibit rambutan di luar kantor dalam hal ini bertempat di areal lingkungan desa Ngegong dekat daerah aliran sungai sebagai wilayah konservasi alam sebagai bentuk wujud kepedulian pegawai KPPN Blitar terhadap lingkungan serta merupakan bagian dari program Perbendaharaan Go Green.