BERITA

Sri Mulyani: Pimpinan Ditjen Perbendaharaan Harus Terus Fokus Hadapi Akhir Tahun

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id, - "Hari Pahlawan merupakan momen penting bagi kita semua untuk terus memelihara api perjuangan yang tidak boleh padam untuk menjaga dan mempertahankan kemerdekaan dan martabat bangsa dan negara Indonesia. Dengan memperingati Hari Pahlawan, kita dapat meneladani perjuangan para pahlawan yang telah bersedia untuk berkorban jiwa raga, harta benda untuk menjaga negara dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam yang dapat melemahkan dan menghancurkan negara kita," demikian pesan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Pahlawan di kompleks kantor pusat Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (10/11) pagi. 

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri. Upacara tersebut diikuti oleh para pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani juga mengingatkan bahwa di masa kini juga terdapat ancaman yang menuntut sikap kepahlawanan yang sama, yaitu keberanian untuk melawan dan berkorban, meski ancaman nyawa dan hilangnya harta benda menghadang. Ancaman baru tersebut juga telah melahirkan pahlawan-pahlawan baru, yaitu mereka yang konsisten dan dengan penuh integritas dan semangat pengabdian yang setia menjaga negeri ini.

"Pahlawan-pahlawan dalam zaman kita sekarang ini adalah jajaran Kementerian Keuangan yang setia, profesional, dan penuh integritas menjaga dan mengelola keuangan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia. Mereka semua yang terus menggunakan ilmu dan kewenangannya semata-mata untuk memperjuangkan kemajuan Indonesia, mengisi cita-cita kemerdekaan kita, yaitu negara yang adil dan makmur serta bermartabat," sebut Sri Mulyani.

Siang harinya, Sri Mulyani melantik sejumlah pejabat eselon II Kementerian Keuangan di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan. Dalam kesempatan tersebut pejabat eselon II lingkup Ditjen Perbendaharaan yang dilantik adalah Teguh Dwi Nugroho sebagai Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara, Tri Budhianto sebagai Kepala Kanwil DJPb Provinsi Riau, dan Edward UP Nainggolan sebagai Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara.

Sri Mulyani kembali mengingatkan kepada jajaran pimpinan di Kementerian Keuangan, termasuk di dalamnya Ditjen Perbendaharaan, untuk tetap memimpin unit kerjanya dengan berpedoman pada undang-undang serta menjalankan seluruh tugasnya secara profesional dan penuh integritas tanpa kompromi.

Khusus kepada jajaran pimpinan Ditjen Perbendaharaan, Sri Mulyani mengimbau untuk terus fokus menjalankan tugas khususnya menjelang periode akhir tahun anggaran. “Kita akan dihadapkan pada kegiatan yang sangat padat, menguras energi, dan perhatian. Jangan lupa untuk terus bekerja secara detail,” papar Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, Republik Indonesia akan menjadi negara besar kalau pimpinannya terutama jajaran di Kementerian Keuangan selalu memperhatikan hal detail. “Organisasi harus diurus, misi serta tugas dan tanggung jawab dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan profesional,” tambahnya.

[DR/LRN/foto: sw]