BERITA

Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2019

Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Madiun menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019 di lingkup kerja KPPN Madiun, Rabu (19/12/2018). Acara ini dihadiri Walikota Madiun Bpk Sugeng Rismiyanto, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur Bpk Ludiro,

Pejabat Struktural KPPN Madiun dan Kuasa Pengguna Anggaran Satker Mitra Keja KPPN madiun. Ada 153 DIPA yang diserahkan, dua diantaranya kewenangan kantor pusat sedangkan 151 DIPA kewenangan kantor daerah. Adapun pagu anggaran DIPA tahun 2019 sekitar Rp10,31 Triliun.

Dijelaskan, alokasi pagu DIPA tahun 2019 lingkup KPPN Madiun sekitar Rp10,31 Triliun terdiri Belanja Pemerintah Pusat sekitar Rp2,79 Triliun dan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sekitar Rp7,51 Triliun. Anggaran tersebut mengalami peningkatan 5,42 persen dari tahun anggaran 2018. Dengan alokasi tersebut, KPPN Madiun menempati urutan alokasi dana terbesar ke empat di wilayah Provinsi Jawa Timur

Ludiro menyatakan, penyerahan DIPA tahun 2019 sengaja diserahkan lebih awal, agar kuasa pengguna anggaran di satuan kerja (satker) lingkup KPPN Madiun segera dapat melaksanakan APBN tahun 2019 secara cepat, tepat, transparan dan akuntabel untuk akselerasi yang berkeadilan. 

“DIPA diserahkan lebih awal sebelum tahun anggaran 2019 dimulai dengan harapan supaya para kuasa pengguna anggaran termasuk yang di lingkungan pemda segera mengambil langkah-langkah untuk mengimplementasikan DIPA tersebut. Sesegera mungkin membuat rencana kegiatan, kapan rencana itu akan dieksekusi, bentuk kegiatan apa, kapan akan dilakukan dan kalau sudah dilakukan akan menarik dana berapa. Jadi ada perencanaan yang sistematis,” ungkap Ludiro, Rabu (19/12/2018).

Dikatakan Ludiro, jika anggaran dicairkan lebih awal, diharapkan pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah segera dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas dengan merencanakan semua kegiatan lebih matang. Menurut Ludiro, alokasi anggaran DIPA diprioritaskan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), disamping peningkatan infrastruktur dan ketahanan pangan.

Disela acara penyerahan DIPA tahun 2019, diberikan pula penghargaan berupa ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Madiun atas Kontribusi dan kerjasamanya dalam pelaksanaaan anggaran satker lingkup Kerja KPPN Madiun di wilayah Kota Madiun . Penyerahan Penghargaan tsb penyerahannya dilakukan oleh Kepala Kanwil DJPb Prop Jawa Timur Bp.Ludiro kepada Walikota Madiun Bp, H. Sugeng Rismiyanto,SH,M.Hum.

Disamping itu KPPN Madiun juga memberikan piagam penghargaan kepada satker diwilayah pembayaran KPPN Madiun yang terpilih dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran ( IKPA ) dan Pelaporan Keuangan Terbaik semester 2 tahun anggaran 2018 . Adapun Satker tersebut  adalah :

  1. Korem 081/DSJ DAM V/BRAW
  2. Polres Kab Ngawi
  3. Kantor Imigrasi Klas II Madiun
  4. MAN 2 Kab Ponorogo
  5. MTSN 3 Kab Magetan

 

Di akhir acara dilaksanakan ramah tamah antara Walikota Madiun, Kakanwil DJPb Prop Jatim, Kepala KPPN Madiun dengan para pejabat struktural dan seluruh Kuasa Pengguna Anggaran satuan kerja sewilayah pembayaran KPPN Madiun. Acara berakhir pukul 11.15 WIB dan ditutup oleh Pembawa Acara dengan bacaaan Hamdallah

 

 

Srudono - MSKI