BERITA

FGD Percepatan Penyerapan Anggaran dan Kelancaran Pencairan Dana Akhir TA 2018

Focus Group Discussion (FGD) terkait penyerapan anggaran khususnya pada satker strategis Tahun 2018 dilaksanakan pada Kamis 18 Oktober 2018. Dalam sambutannya, Kepala KPPN Makassar I (Bp. Saor Silitonga) menekankan untuk bersama membahas kendala penyerapan yang dihadapi dan mencari solusi terbaik.

 

Dua hal penting yang perlu diperhatikan adalah prosedure dan batas waktu. Kepada satker dengan penyerapan masih di bawah 60% serta memiliki pagu di atas 100 milyar s/d triliunan, agar memastikan kebenaran dan kelengkapan dokumen kontrak.

Maksud dan tujuan dilaksanakan FGD untuk menganalisa penyebab rendahnya penyerapan satker sampai dengan Triwulan III 2018 yang masih di  bawah 60%, sehingga dalam triwulan terakhir dapat dilakukan upaya percepatan penyerapan anggaran. Dalam diskusi dibahas mengenai penyerapan anggaran, perencanaan kas, pengelolaan UP, penyelesaian tagihan termasuk pagu minus dan rekon LPJ.

Acara FGD berjalan dengan tertib sesuai dengan apa yang diharapkan, terjadi interaksi yang baik antara nara sumber dengan para peserta. Seluruh peserta FGD juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan serta berdiskusi langsung.  Jalannya diskusi pada kegiatan FGD berlangsung dengan hangat, baik dan lancar.

 

 

Oleh : Wawan, Kontributor KPPN Makassar I

Banner Penghargaan