PROFIL

Sejarah

KPPN Makassar I merupakan salah satu instansi vertikal di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang berkewajiban untuk mendukung dan ikut melaksanakan program reformasi birokrasi yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mewujudkan good governance serta clean government.

Sejak ditetapkan sebagai KPPN Percontohan Tahap IV sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-02/PB/2009 tanggal 6 Januari 2009 bersama 5 KPPN yang lain dan mulai beroperasi pada tanggal 4 Februari 2009, maka kami segenap jajaran pimpinan dan staf KPPN Makasar I berkomitmen untuk semakin meningkatkan pelayanan kami menuju pelayanan prima (service excellence). Sebagai wujud komitmen, kami melakukan berbagai upaya untuk dapat memenuhi kriteria layanan yang cepat, tepat, akurat, tanpa biaya dan prosesnya dilakukan secara transparan.

Upaya yang telah kami lakukan antara lain berupa pemanfaatan teknologi informasi, peningkatan sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan salah satunya adalah pelatihan service excellence serta penandatanganan pakta integritas yang berisi komitmen kami untuk menolak praktek korupsi dan gratifikasi.

Dengan dukungan manajemen yang professional dan staf yang handal dan kompeten, kami juga telah meraih beberapa penghargaan dalam rangka penilaian kinerja. Prestasi ini akan terus kami tingkatkan melalui upaya-upaya perbaikan secara berkelanjutan dengan mengembangkan dan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk memberikan yang terbaik bagi stakeholders.

KPPN Makassar I berada pada letak geografis yang strategis yaitu di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Makassar Prov. Sulawesi Selatan. Berdiri di atas tanah seluas 3.629 M2 dengan luas bangunan 2.629 M2, bangunan yang ditempati merupakan bangunan peninggalan pemerintah Belanda yang telah direnovasi dan digunakan oleh Kementerian Keuangan sejak awal kemerdekaan.

KPPN Makassar I berada dekat dengan instansi pemerintah daerah yang vital, seperti Kantor Walikota Makassar, Kantor Cabang Bank Pemerintah/swasta, Kantor Pos Besar,Perwakilan BUMN, dan Taman Kota (Taman Macan) sehingga tercipta suasana yang sejuk karena dikelilingi rerimbunan pohon nan hijau yang berada di sekitar kantor.

Gedung KPPN Makassar I terdiri atas dua lantai. KPPN Makassar I menggunakan Lantai I untuk kegiatan sehari-hari perkantoran yang telah didesain sesuai layout KPPN Percontohan berupa front office, middle office, dan back office. Sedangkan Lantai II digunakan sebagai Aula dan Gudang Arsip.

Banner Penghargaan