Wujudkan Sinergi Melalui Hari Bakti Perbendaharaan

Pada bulan Januari 2019, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Metro kembali mengadakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan. Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2019 merupakan yang ketiga kalinya diadakan setelah tahun 2017 dan 2018 yang dilaksanakan dalam rangka memperingati lahirnya Undang-undang nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara pada tanggal 14 Januari 2004.

KPPN Metro mengadakan serangkaian acara dalam memperingati Hari Bakti Perbendaharaan 2019 yang disesuaikan dengan tema utama yaitu “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1. Perbendaharaan Peduli Lingkungan

Pada hari Jumat, 18 Januari 2019, seluruh pegawai KPPN Metro melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan kantor khususnya area parkir dan taman serta lingkungan sekitar kantor. Kegiatan ini bertujuan memupuk kerja sama dan kekompakan para pegawai sekaligus mendukung tugas dan fungsi dari KPPN Metro.

2. Perbendaharaan Menyapa

Perbendaharaan Menyapa adalah salah satu kegiatan eksternal yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam peringatan Hari Bakti Perbendaharaan. Pada tanggal 22 Januari 2019, KPPN Metro mengadakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur. Melalui kegiatan ini tim KPPN Metro memberikan sosialisasi mengenai tugas dan fungsi Ditjen Perbendaharaan khususnya KPPN Metro dan APBN kepada siswa/siswi MAN 1 Lampung Timur.

3. Refleksi (Tasyakuran) Hari Bakti Perbendaharaan

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2019 ini selain dihadiri oleh seluruh pegawai KPPN Metro juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa perwakilan Satuan Kerja baik internal Kementerian Keuangan yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Metro dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Metro juga dari eksternal Kemenkeu yaitu Polres Metro, Kantor Badan Pertanahan Nasional Metro, Kantor Kementerian Agama Metro, dan KPU Kab. Lampung Timur. Pada acara ini seluruh undangan menonton Video refleksi Hari Bakti Perbendaharaan 2019 yang disampaikan oleh Menteri Keuangan serta Direktur Jenderal Perbendaharaan, kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama.

4. Perbendaharaan Sehat

KPPN Metro mengadakan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh pegawai dan beberapa petugas satuan kerja pada tanggal 25 Januari 2019.

5. Perbendaharaan Berbagi

Rangkaian kegiatan hari bakti perbendaharaan ditutup dengan kegiatan Perbendaharaan Berbagi pada hari Jumat, 25 Januari 2019. Pada kegiatan ini KPPN Metro mengajak para pengemudi becak dan juru parkir di sekitar KPPN Metro untuk sarapan bersama dan dilanjutkan pemberian sembako kepada para pengemudi becak dan juru parkir tersebut. Selain itu para pegawai KPPN Metro melakukan kunjungan ke rumah salah keluarga salah seorang PPNPN KPPN Metro yang telah meninggal dunia untuk bersilturahmi dan memberikan santunan.

 

 

Melalui kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut diharapkan dapat terwujud sinergi internal KPPN Metro, sinergi KPPN Metro dengan Kantor Vertikal Kementerian Keuangan lainnya di Kota metro, sinergi KPPN Metro dengan satuan kerja, serta sinergi KPPN Metro dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sehingga selaras dengan tema utama peringatan Hari Bakti Perbendaharaan 2019 yaitu “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”.