Ujian Sertifikasi Bendahara Periode I TA 2019

Rabu, 20 Februari 2019, KPPN Metro selaku Unit Penyelenggara Sertifikasi (UPS) Bendahara kembali mengadakan Ujian Sertfikasi Bendahara untuk Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, serta Bendahara Pengeluaran Pembantu. Ujian Sertifikasi Bendahara kali ini merupakan Periode I untuk Tahun Anggaran 2019. Ujian sertifikasi bendahara bertujuan menguji kompetensi para bendahara pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sesuai Standar Kompetensi Bendahara yang telah ditetapkan. Para Bendahara yang lulus berhak menyandang status sebagai BNT (Bendahara Negara Tersertifikasi).

Pada Periode I TA 2019 ini terdapat 10 Bendahara yang hadir mengikuti ujian terdiri dari  1 Bendahara Pengeluaran, 4 Bendahara Penerimaan, dan 5 Bendahara Pengeluaran Pembantu. Sembilan peserta merupakan peserta yang mengulang dan satu peserta merupakan peserta baru.

Acara diawali dengan keynote speech yang dibawakan oleh Plh. Kepala KPPN Metro, B. Trihantoro. Plh. KPPN Metro menyampaikan agar para bendahara senantiasa meningkatkan kompetensi agar sesuai dengan standar kompetensi minimum bendahara. Selanjutnya peserta diberikan penyegaran materi oleh salah seorang Treasury Management Representative (TMR) KPPN Metro,  Denny Satriyawan. Materi yang disampaikan kepada para peserta mengenai Pedoman Perilaku Bendahara, Kompetensi Dasar Bendahara, Tupoksi Bendahara, dan beberapa materi tambahan lainnya. Setelah penyampaian materi selesai, Ujian Sertifikasi Bendahara dimulai pukul 11.00 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB.

Melalui program Sertifikasi Bendahara ini diharapkan kompetensi seorang bendahara pengelola APBN dapat terjamin dan para bendahara pengelola APBN senantiasa terpacu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam pengelolaan APBN. Bendahara pengelola APBN yang kompeten dan profesional akan mewujudkan pengelolaan APBN yang akuntabel dan tepat sasaran.