Wamenkeu : DJPb Diharapkan Terus Lakukan Continuous Improvement

"Ditjen Perbendaharaan yang memiliki kantor vertikal yang banyak tersebar di seluruh Indonesia diharapkan terus melakukan continuous improvement. Di antaranya melalui empat pilar utama yaitu sumber daya manusia, organisasi, teknologi dan informasi, serta regulasi,” sebut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan di Jakarta (01/11).

Rapimnas ini diikuti oleh seluruh Direktur dan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan serta Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) se-Indonesia, dengan tema “Kerja Modern Mengawal APBN Mewujudkan Efisiensi Belanja Negara”. Tema tersebut dimaksudkan untuk menyatukan semangat mengawal pencairan dana APBN, terutama di akhir tahun anggaran 2017. Menurut Mardiasmo, continuous improvement diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas Kementerian Keuangan yang semakin besar dan berkembang seiring perkembangan zaman. Tantangan yang dihadapi tentu saja lebih banyak dan beragam. Perlu sumber daya yang berkualitas supaya dapat memberikan pelayanan yang maksimal.

Dalam kesempatan yang sama, Mardiasmo juga mengingatkan agar berhati-hati dalam pencairan dana APBN mendekati akhir tahun anggaran, terutama pencairan DAK Fisik dan Dana Desa. Ekspektasi yang besar oleh masyarakat kepada DAK Fisik dan Dana Desa sangat rentan memicu permasalahan bila terjadi problem dalam proses pencairannya. "Memang akan ada potensi ketika kita menegakkan governance, ketika pengajuan pencairan yang tidak memenuhi syarat tidak kita cairkan daripada melanggar ketentuan, bisa timbul ketidakpuasan, karena ekspekstasi mereka kan dibayar, terima dana," ujar Mardiasmo Lebih lanjut Mardiasmo berharap supaya di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang sedang dibangun serta pencairan DAK Fisik dan Dana Desa melalui KPPN sekarang, Ditjen Perbendaharaan senantiasa menjaga performance pelayanan secara maksimal kepada stakeholders di akhir tahun anggaran 2017 ini.

Senada dengan pernyataan Wamenkeu, dalam laporannya Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono memaparkan pula sejumlah upaya dan kebijakan Ditjen Perbendaharaan untuk terus melakukan optimalisasi pengelolaan anggaran, khususnya menghadapi akhir tahun anggaran 2017. Di antaranya menyusun jadwal pencairan dana melalui KPPN supaya tidak terjadi overload, melaksanakan simplifikasi laporan untuk DAK Fisik dan Dana Desa, serta meningkatkan peran teknologi dan informasi melalui penyempurnaan aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh satuan kerja di daerah. (PW/DK)

Sumber : http://www.djpbn.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/berita/berita-nasional/2712-wamenkeu-djpb-diharapkan-terus-lakukan-continuous-improvement.html