Menkeu: Berikan Contoh Mengelola Anggaran yang Baik

Ambon, djpbn.kemenkeu.go.id - Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan seluruh kantor wilayah dan kantor vertikal Kementerian Keuangan yang ada di daerah memberikan contoh yang baik dalam mengelola anggaran tahun ini.

“Saya ingin berpesan, seluruh kantor wilayah dan kantor vertikal Kementerian Keuangan di sini, jangan pernah berhenti memberikan contoh yang baik dalam mengelola anggaran. Dan jangan pernah berhenti untuk melihat kembali cara kerja kita yang sudah dilakukan,” pesan Sri Mulyani dalam arahannya pada dialog kerja pegawai Kementerian Keuangan Provinsi Maluku di aula Gedung Keuangan Negara di Ambon, Rabu (07/03).

Sri Mulyani mengungkapkan, sebagai bendahara negara, Kementerian Keuangan harus mampu memberikan suatu panduan dan contoh yang baik ketika diberikan anggaran. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan supaya program-program pemerintah yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyat dapat segera di eksekusi.

“Cara kita mengalokasikan antara belanja barang, belanja pegawai, dan belanja modal itu harus baik. Karena dengan demikian saya bisa memberikan contoh kepada kementerian/lembaga dan daerah, ini lho yang sudah kami lakukan dalam mengelola anggaran, itu yang disebut bendahara negara yang baik,” tegas Sri Mulyani. Menurut Sri Mulyani, ekonomi Indonesia tumbuh 5,7% di tahun 2017, dan target tahun ini adalah 5,4%. Agar dapat terlaksana, konsumsi harus dijaga, investasi harus tumbuh lebih tinggi, dan ekspor harus meningkat. APBN yang sudah ditetapkan tahun ini juga harus dikelola dengan baik untuk mendukung target pertumbuhan ekonomi tersebut.
“Empat hal saja, konsumsi, investasi, ekspor, dan APBN yang dieksekusi dengan baik,” tegas Sri Mulyani. Dalam acara yang berlangsung di Gedung Keuangan Negara Ambon tersebut Sri Mulyani didampingi oleh Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono beserta pejabat eselon 1 Kementerian Keuangan lainnya serta pejabat kantor wilayah dan vertikal Kementerian Keuangan di Provinsi Maluku. Kedatangan Sri Mulyani di kota Ambon ini sendiri merupakan bagian dari  rangkaian agenda kerja Menkeu di Provinsi Maluku dan Maluku Utara guna meninjau implementasi dana desa, evaluasi pelaksanaan anggaran, dan memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura. [DK]

Sumber :

http://www.djpbn.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/berita/berita-nasional/2776-menkeu-berikan-contoh-mengelola-anggaran-yang-baik.html