Menkeu Apresiasi Capaian DJPB Sekaligus Mendorong Terus Berinovasi

Jakarta, 12/11/2018 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi capaian inovasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) dalam memberikan terobosan untuk mengelola keuangan negara. 
 
Hal itu disampaikannya saat memberikan keynote speech pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II 2018  bertema “Akselerasi Menuju Pengelola Perbendaharaan Negara Berkelas Dunia” di Gedung Dhanapala, Jakarta pada Jum'at (09/11). 
 
“Saya senang bahwa Direktorat Jenderal Perbendaharaan berinovasi dan pembangunan berbagai macam teknologi aplikasi itu terus dilakukan. Hari ini saya melihat kemajuan lagi bahwa Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah mendapatkan (Sertifikasi) ISO 9001:2015," ucapnya bangga. 
 
Namun demikian, Menkeu menginginkan DJPB terus berinovasi guna meningkatkan kapasitas di dalam mengelola keuangan negara.
 
"Itu adalah keinginan kita untuk membuat seluruh pengelolaan keuangan negara dari sisi bisnis proses, dari sisi standar teknologi, dari sisi standar untuk pelaporannya dan tentu dari sisi reliabilitas data dan informasinya  terus-menerus mengalami perbaikan dan bisa dibandingkan secara internasional,” pungkas Menkeu.
 
Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching Aplikasi Bagan Akun Standar (BAS) Mobile yang merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh stakeholders pengelola keuangan pemerintah pusat yang berisi daftar kodefikasi dan klasifikasi akun yang disusun dan digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan pemerintah. 
 
Selain itu, dilakukan juga penyerahan penghargaan ISO dari Direktur TuV Rheinland kepada Menkeu yang selanjutnya oleh Menkeu diserahkan kepada DJPB. (ip/ind/nr) 
 
Sumber :