Layanan KPPN

SPM-GUP adalah surat perintah membayar yang diterbitkan oleh PPSPM dengan membebani DIPA, yang dananya dipergunakan untuk menggantikan uang persediaan yang telah dipakai. SPM-GUP dapat diberikan apabila dana UP telah dipergunakan paling sedikit 50% dari dana UP yang diterima.

SPM-GUP Nihil adalah surat perintah membayar penggantian uang persediaan nihil yang diterbitkan oleh PPSPM sebagai pertanggungjawaban UP dengan membebani DIPA.

SPM PTUP adalah surat perintah membayar pertanggungjawaban uang persediaan yang diterbitkan oleh PPSPM sebagai pertanggungjawaban TUP dengan membebani DIPA.

Pembayaran yang dapat dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran kepada satu rekanan tidak boleh melebihi Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) kecuali untuk pembayaran honorarium dan perjalanan dinas.

SPM-GUP  :

  1. SPM 2 rangkap
  2. ADK SPM yang sudah diinject PIN oleh PPSPM

SPM-GUP-Nihil / PTUP-Nihil :

  1. SPM 2 rangkap
  2. ADK SPM yang sudah diinject PIN oleh PPSPM
  3. Copy bukti setor jika masih ada sisa UP/TUP yang dikembalikan kepada Negara

Catatan : Potongan SPM GU-Nihil dan atau SPM PTUP mencantumkan kode BA Es I sesuai kode BA Es I satuan kerja yang bersangkutan bukan 999.99.

Untuk Jenis SPM Jenis Pembayaran Sifat Pembayaran Akun Potongan Uraian SPM
SPM-GUP

05

Ganti UP

1

Pengeluaran Anggaran

3

Penggantian UP

- "Penggantian Uang Persediaan untuk Keperluan Belanja ….  (Barang/Modal/Lain-lain) sesuai SPP No…. Tanggal ……”
 SPM-PTUP Nihil

05

Ganti UP

 1

Pengeluaran Anggaran

6

PTUP

815511 (RM)

815513 (PNBP)

"Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain) sesuai SPP No…. Tanggal ……"

 SPM-GUP Nihil

(Nihil UP)

05

Ganti UP

 1

Pengeluaran Anggaran

5

Nihil

815111 (RM)

815113 (PNBP)

"Penggantian Uang Persediaan untuk Keperluan Belanja ….  (Barang/Modal/Lain-lain) sebagai pengesahan atas pertanggungjawaban UP tahun anggaran …  sesuai SPP No…. Tanggal ……"