KPPN Padang Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Pernahkah Anda mendengar istilah continuous improvement? Improvement berasal dari kata improve yang artinya meningkat dimana pada dasarnya meningkat adalah berubah menjadi lebih baik sedangkan continuous berarti terus-menerus.

Dengan demikian continuous improvement dapat diartikan sebagai peningkatan dan perbaikan yang berkesinambungan (tiada henti) dimana mengarah pada kemajuan yang lebih baik atau unggul. Pada dasarnya istilah continuous improvement mengacu pada konsep Kaizen di Jepang. Kaizen adalah suatu istilah dalam bahasa Jepang yang dapat diartikan sebagai perbaikan terus-menerus atau perbaikan berkelanjutan.

Istilah di atas saat ini begitu mengena bagi KPPN Padang. Meskipun pada tahun 2017 lalu KPPN Padang telah berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) langsung dari KemenPAN-RB, KPPN Padang belum bisa berpuas diri. Kepercayaan pimpinan begitu besar dan yakin bahwa KPPN Padang dapat menjadi lebih baik lagi dari sekarang. Tahun ini KPPN Padang diusulkan kembali oleh kantor pusat sebagai unit yang akan dinilai untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Predikat WBK yang telah diperoleh oleh KPPN Padang bukanlah sesuatu yang instan. Usaha, tekad, dan komitmen yang sungguh-sungguh dari seluruh jajaran secara formal telah dibangun sejak awal tahun 2017 dengan melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Komitmen untuk menjaga integritas bagi para pegawai KPPN Padang sudah tidak diragukan lagi. Berbagai macam inovasi yang ditujukan untuk meningkatkan layanan kepada stakeholders juga terus diupayakan. Rapat evaluasi dan tindak lanjut progress pembangunan zona integritas sudah menjadi kegiatan rutin pada tahun tersebut. Hingga akhirnya kerja keras itu diakui. KPPN Padang dan seluruh stakeholders dapat membuktikan bahwa mereka mampu menjaga integritas dalam menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi.

KPPN Padang menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Satuan Kerja Mitra KPPN Padang. Dukungan moril dan kesediaan satker untuk mengisi survei kepuasan layanan serta terus berupaya untuk mempertahankan integritas menjadi kunci keberhasian dalam memperoleh predikat WBK.

Kini KPPN Padang kembali menggalang dukungan untuk melangkah menuju predikat WBBM. Sebuah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi kriteria penilaian di antaranya manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik. Sebuah predikat yang akan terus memicu dan memacu untuk terus mempertahankan nilai integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan dalam melaksanakan tugas mengelola keuangan negara.

Kerja keras menunggu di depan. Doa dan usaha akan terus dicurahkan untuk mencapai apa yang telah diamanahkan kepada KPPN Padang. Untuk itu sekali lagi KPPN Padang memohon dukungan kepada seluruh stakeholders sehingga manisnya perjuangan dapat diperoleh setelahnya. Jangan pernah lelah untuk mengejar kesempurnaan karena langkah untuk menuju kesempurnaan itulah nilai kesempurnaan sesungguhnya. (cdm)