BERITA

Tingkatkan Pelayanan, KPPN Palopo Terapkan Penggunaan Mesin EDC

Palopo, kppnpalpo.net - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meminimalisasi jumlah uang yang beredar, KPPN Palopo berinisiatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para pegawai dan petugas satuan kerja mitra KPPN Palopo, terhadap instrumen pembayaran non tunai.

KPPN Palopo bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Palopo dalam rangka mendukung program pemerintah tersebut menggunakan instrumen dari BRI. Salah satu instrumen yang memberikan kemudahan dalam transaksi non tunai adalah mesin EDC (Electronic Data Capture). Mesin EDC ini berbentuk seperti mesin gesek yang ada di tempat perbelanjaan seperti mall dan memiliki fasilitas seperti mesin ATM (kecuali untuk tarik tunai) sehingga diberikan julukan Mini ATM. Penggunaan dari mesin EDC BRI pun tidak terlalu rumit, kurang lebih sama seperti menggunakan mesin ATM. Hanya saja penggunaan mesin EDC adalah dengan cara menggesekkan kartu bukan memasukkan kartu seperti pada mesin ATM.

Transaksi yang dapat dilakukan dengan mesin EDC pun cukup beragam, mulai dari mengisi saldo Brizzi, mengecek saldo tabungan, membayar tagihan, transfer, melakukan isi ulang pulsa, dan masih banyak lagi. Transaksi tersebut tentu saja sangat memberikan manfaat bagi penggunanya, misalnya saja bagi pegawai KPPN Palopo. Dengan adanya mesin EDC di KPPN Palopo, para pegawai dapat melakukan transaksi perbankan non tunai sehingga tidak perlu repot lagi keluar kantor mencari mesin ATM untuk melakukan transaksi.

Munculnya ide untuk memasang mesin EDC di KPPN Palopo berawal dari program pemerintah untuk meminimalisasi jumlah uang yang beredar menggunakan instrumen keuangan non tunai. KPPN Palopo awalnya berinisiatif memasang mesin EDC untuk mendukung uji coba pembayaran dengan kartu kredit yang digalangkan oleh pemerintah. Namun karena permintaan beberapa pegawai untuk dipasang mesin EDC, maka mesin EDC tidak hanya digunakan untuk mendukung uji coba pembayaran dengan kartu kredit tetapi juga untuk kemudahan transaksi perbankan bagi para pegawai dan petugas satker KPPN Palopo.

Mesin EDC BRI dipasang di ruang pelayanan KPPN Palopo, tepatnya di depan ruang Mini TLC (Treasury Learning Center). Mesin EDC yang dipasang berjumlah satu buah dan membutuhkan pengecasan apabila baterainya habis. Untuk menggunakan mesin EDC ini, pengguna bisa meminta bantuan kepada operator.

Penggantian kertas yang digunakan untuk mencetak bukti transaksi dari mesin EDC menandakan bahwa inovasi pemasangan mesin EDC telah sukses dan bermanfaat bagi penggunanya. Manfaat yang dirasakan diantaranya adalah kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dan melakukan isi ulang pulsa tanpa perlu keluar kantor untuk mencari mesin ATM sehingga lebih efisien.

Sampai dengan saat ini, mesin EDC ramai digunakan terutama bagi para pegawai KPPN Palopo dan petugas satker yang datang. Diharapkan untuk ke depannya, para pegawai dan petugas satker lebih memahami tentang instrumen pembayaran non tunai dan dapat menerapkannya di dalam kegiatan sehari-hari. Karena manfaat dari pemasangan mesin EDC ini telah terasa, maka inovasi ini akan tetap dilanjutkan dan apabila perlu akan terus dikembangkan.

Pembelajaran yang dapat dipetik dari hal ini adalah bahwa untuk meningkatkan pelayanan tidak harus dengan memunculkan ide-ide yang besar. Ide kecil pun apabila dapat direalisasikan dan dapat bermanfaat bagi pihak terkait akan dapat meningkatkan pelayanan.