BERITA

Workshop Writing Skill, Upaya untuk Mendorong Kualitas Literasi Perbendaharaan

Makassar - Lahirnya program Perbendaharaan Menulis yang dicanangkan oleh Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan serta dalam rangka mewujudkan kualitas Literasi Perbendaharaan yang merupakan IKU baru di tahun 2018, menuntut adanya peningkatan kemampuan para pegawai di bidang karya tulis artikel.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan kemudian menggelar kegiatan Workshop Writing Skill yang dilaksanakan di Aula GKN II Lantai III (Selasa dan Rabu, 27 s.d. 28 Maret 2018). Disamping untuk meningkatkan kemampuan pegawai dalam membuat artikel dan karya tulis, workshop ini juga ditujukan mengasah kemampuan dalam menyusun buku profil KPPN/Kanwil yang sudah menjadi agenda tahunan.

Dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh KPPN lingkup Kanwil Provinsi Sulsel, para pemateri yang merupakan pejabat/pegawai Kanwil serta narasumber eksternal dari harian surat kabar lokal, secara bergantian menyampaikan sejumlah materi pokok yang terbagi ke dalam empat kategori. Materi-materi tersebut dibahas secara tersktruktur dan melibatkan peran aktif para peserta workshop.

Mulai dari pembahasan seputar teknik penyusunan artikel reportase, bagaimana tahapan menyusun artikel layak publikasi di media, materi seputar menumbuhkan motivasi menulis serta teknik penulisan opini, keseluruhannya dikupas tuntas selama dua hari. Tidak lupa pula, ada practice session yang mengharuskan para peserta untuk mengulik kemampuannya dalam menulis serta menyelesaikan tugas yang diberikan oleh narasumber.

Meski dua hari kegiatan dirasa belum cukup untuk menularkan semua ilmu seputar teknis menyusun karya tulis/artikel, namun melalui pelaksanaan workshop ini dirasa sudah cukup memberikan gambaran bagi para pegawai KPPN/Kanwil seputar pengetahuan dasar teknis penulisan dan dunia jurnalisme. Harapan besar disematkan kepada para peserta agar dapat menularkan ilmu yang telah diperoleh selama pelaksanaan workshop kepada rekan-rekan pegawai lainnya di tempat kerja masing-masing. Yang lebih pokok, upaya untuk mewujudkan peningkatan kualitas Literasi Perbendaharaan dapat tercapai.