BERITA

Kunjungan Jabatan Akauntan Negara Malaysia (JANM) Terkait Sistem Penerimaan Negara

Pada hari Rabu tanggal 5 Desember 2018, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan (KPPN KP) menerima kunjungan istimewa dari Delegasi Jabatan Akauntan Negara Malaysia (JANM)/ Accountant’s General Department Malaysia. Kedatangan delegasi ini ke KPPN KP merupakan satu dari serangkaian kunjungan yang akan dilakukan oleh delegasi JANM pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Adapun maksud dan tujuan kunjungan delegasi yang dipimpin langsung oleh Principal Assistant Director Juliyana Bt Abd Rahim C.A. (M), selain untuk mempererat hubungan kedua negara tetangga ini, juga untuk mengenal lebih jauh tentang sistem penerimaan negara di Indonesia.

Kedatangan delegasi dari Negeri Jiran ini disambut oleh Kepala KPPN KP Bapak Moch. Abdul Kobir beserta pejabat dan pegawai KPPN KP. Secara langsung, Kepala KPPN KP menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada delegasi JANM yang telah berkenan berkunjung ke Indonesia khususnya ke KPPN KP. Kunjungan ini diharapkan dapat lebih mempererat hubungan antara kedua negara dan sebagai sarana untuk sharing knowledge tentang penerimaan negara.

Pada kesempatan ini, Kepala KPPN KP menjelaskan dashboard MPN G2 kepada delegasi JANM di ruangan utama KPPN KP. Delegasi dari Malaysia tersebut terlihat sangat antusias dan sesekali mengajukan pertanyaan ketika Kepala KPPN KP menjelaskan tentang trend data-data penerimaan negara yang tersaji secara harian, bulanan, maupun data akumulasi sampai dengan hari ini yang tersaji dalam bentuk grafik maupun angka pada layar dashboard secara live. Melalui dashboard MPN G2 tersebut, Kepala KPPN KP juga menjelaskan tentang fitur monitoring billing yang dibuat pada masing-masing biller dan monitoring live payment.

Berpindah ke ruangan sebelah, Kepala KPPN KP menjelaskan sejarah singkat perkembangan penerimaan negara, sejak dimulai dari setoran tunai yang disetor melalui kantor kas negara sampai dengan saat ini, dimana penerimaan negara dapat disetorkan ke kas negara menggunakan billing. Di ruangan ini pula Kepala KPPN KP menjelaskan tentang penyempurnaan MPN G2 dibandingkan dengan sistem penerimaan negara sebelumnya.

Kunjungan selama kurang lebih satu jam ini ditutup dengan foto bersama antara delegasi JANM dengan Kepala KPPN KP di ruangan utama KPPN KP.