BERITA

Kunjungan Akhir Tahun Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Khusus Penerimaan

Di akhir tahun 2018, Marwanto Harjowiryono, Direktur Jenderal Perbendaharaan, melakukan kunjungan ke KPPN yang berlokasi di Jalan Wahidin Jakarta berturut-turut dari KPPN Jakarta II, KPPN Khusus Investasi, dan berakhir di KPPN Khusus Penerimaan (12/12/18).Kunjungan ini dimaksudkan untuk melakukan pengawasan terhadap proses bisnis yang telah berlangsung sampai akhir tahun anggaran 2018. Selain itu, kunjungan ini juga bermaksud untuk mengantisipsi kemungkinan adanya kendala dan sekaligus memotivasi seluruh pejabat dan pegawai dalam menghadapi akhir tahun anggaran yang biasanya beban pekerjaannya menjadi melonjak tajam. Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktur Pengelola Kas Negara,  Kepala Kanwil DJPb DKI Jakarta, Tenaga Pengkaji Perbendaharaan, dan para Kepala Bagian ikut serta dalam kunjungan tersebut.

Kedatangan Direktur Jenderal Perbendaharaan ini disambut dengan baik oleh Moch. Abdul Kobir, Kepala KPPN Khusus Penerimaan, beserta para pegawai. Pada kesempatan ini, Kepala KPPN KP menjelaskan tentang proses penerimaan negara yang telah berlangsung, termasuk jumlah penerimaan harian dari tiap biller (Pajak, Bea Cukai, dan PNBP) per hari dan penerimaan negara sampai 12 Desember 2018 di ruang dashboard.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPPN KP juga menjelaskan bahwa penerimaan negara tertinggi melalui sistem MPN G2 terjadi pada tanggal 10 Desember 2018 sebanyak 805.856 transaksi dengan jumlah Rp 19.869 triliun, sementara total penerimaan sampai 12 Desember 2018 sebesar Rp 1.646 triliun. KPPN KP juga selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan Direktorat Pengelola Kas Negara terkait penerimaan negara untuk kepentingan meeting Asset Liability Management dengan Menteri Keuangan.

Setelah puas mendapatkan penjelasan dari Kepala KPPN KP, Direktur Jenderal Perbendaharaan mengajak seluruh pegawai termasuk pegawai OJT di KPPN KP untuk foto bersama.

Berikutnya, Direktur Jenderal Perbendaharaan beserta para jajaran Kementerian Keuangan lain berpindah ke ruang rapat untuk beramah tamah. Kunjungan ini diharapkan mampu menambah semangat dan produktivitas para pegawai dalam bekerja di akhir tahun 2018 ini.(Winny)