BERITA

Penyerahan DIPA Petikan Tahun Anggaran 2019 kepada Satker di Provinsi DKI Jakarta

Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan merupakan tahap terakhir pada alur penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara( APBN) yang sekaligus menjadi tahap awal pada alur pelaksanaan anggaran negara. Penyerahan DIPA Petikan  menjadi sangat penting karena DIPA Petikan merupakan dokumen pelaksanaan anggaran per satker yang dicetak secara otomatis melalui sistem dan digunakan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan satker serta pencairan dana/pengesahan bagi Bendahara Umum Negara . DIPA Petikan berlaku untuk satu Tahun Anggaran mulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember.

Pada  Kamis, 13 Desember 2018, bertempat di Balai Agung, Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,  Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, menyerahkan DIPA Petikan Tahun Anggaran 2019 secara simbolik kepada perwakilan satker di Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan di Provinsi DKI Jakarta, termasuk Kepala Kantor KPPN Khusus Penerimaan sebagai satker dari KPPN Jakarta II.

Acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan ini diawali dengan sambutan dari Rina Robiati, Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta menyampaikan rincian DIPA Tahun Anggaran 2019 kepada seluruh hadirin secara transparan. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi dengan  alokasi anggaran belanja terbesar di Indonesia. Untuk itu, seluruh satker diharapkan mampu melakukan penyederhanaan pengelolaan anggaran negara. Tentu saja, hal ini tidak terlepas dari peran seluruh KPPN untuk membimbing para satker dalam mengelola anggaran negara sehingga pelaksanaan anggaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Setelah sambutan Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta, acara berikutnya adalah penyerahan DIPA Petikan secara simbolik oleh Gubernur DKI Jakarta yang didampingi oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran, Wiwin Istanti, dan Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta kepada perwakilan satker yang ditutup dengan acara foto bersama.

Selanjutnya,  Gubernur DKI Jakarta menyampaikan apresiasinya kepada para satker yang sudah datang pada acara ini untuk bersama-sama menerima DIPA Petikan Tahun Anggaran 2019. Sesuai dengan tema acara penyerahan tersebut, “ APBN untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”, Gubernur DKI Jakarta berharap seluruh satker mampu bersinergi untuk mewujudkan pembangunan manusia yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan anggaran negara tahun 2019.

“Anggaran alokasi belanja untuk DKI Jakarta sangat tinggi dan harus digunakan untuk hal-hal yang berkualitas sehingga diperlukan suatu kinerja yang bagus. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk  Ibu Kota Negara memiliki kualitas yang jelek,” ujar  Gubernur DKI saat menanggapi tentang tingginya alokasi anggaran belanja Provinsi DKI Jakarta dibandingkan alokasi belanja provinsi lain di Indonesia. 

Terakhir, acara penyerahan DIPA Petikan Tahun Anggaran 2019 ditutup dengan pembacaan doa. (Winny)