BERITA

Pengelolaan dan Rekonsiliasi PNBP Terpusat yang Akuntabel

Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melaksanakan Kegiatan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Realisasi PNBP periode tahun 2018 di lingkungan Ditjen Perhubungan Darat pada tanggal 7-8 Januari 2019 di Hotel Grand Zuri Tangerang.

Peserta dalam kegiatan ini adalah para Kasubag Tata Usaha dan Bendahara Penerimaan lingkup Ditjen Perhubungan Darat.

Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Moch. Abdul Kobir, yang bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan dimaksud menyampaikan bahwa peran para bendahara penerimaan dan kasubag tata usaha sangat penting dalam mendukung kegiatan pada Sekretariat Ditjen Perhubungan Darat. Suplai data yang benar akan membantu dalam pelaksanaan rekonsiliasi PNBP yang dilakukan  secara terpusat oleh Setditjen Perhubungan Darat denga KPPN Khusus Penerimaan.

Data PNBP yang direkonsiliasi merupakan data yang masih dapat berubah karena adanya proses koreksi sehingga perlu dilakukan rekonsiliasi kembali terhadap rekapitulasi data PNBP tahun anggaran berjalan pada akhir tahun anggaran.

Kontribusi setoran PNBP pada Ditjen Perhubungan Darat, yaitu pendapatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, merupakan pendapatan jasa transportasi kedua terbesar pada Kementerian Perhubungan.

Lebih lanjut, Kepala KPPN Khusus Penerimaan menjelaskan setoran penerimaan negara dapat dilakukan di 83 Bank Persepsi dan Pos Persepsi baik melalui teller, atm, internet banking, mobile banking, maupun EDC. Para bendahara penerimaan saat penyetoran agar selalu berhati-hati dalam penginputan nominal setiap pembuatan billing setoran penerimaan negara sehingga tidak terjadi kesalahan perekaman jumlah nilai.

Diharapkan Satker Sekretariat Ditjen Perhubungan Darat dapat selalu memperbaiki proses pengelolaan penerimaannya, bersinergi, serta selalu melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di bidang perbendaharaan. (Ridzal)