PROFIL

Tugas dan Fungsi

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan adalah organisasi eselon III yang secara administrasi berada di bawah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta dan secara teknis berada di bawah Direktorat Pengelolaan Kas Negara yang mempunyai tugas melaksanakan penerimaan, pengelolaan, pelaporan, dan rekonsiliasi transaksi data penerimaan serta penatausahaan penerimaan Negara melalui dan dari kas Negara berdasarkan peraturan perundang-undangan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 169/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan menyelenggarakan fungsi :

  1. penatausahaan, verifikasi, dan validasi data transaksi penerimaan negara;
  2. perbaikan elemen dan konversi data transaksi;
  3. rekonsiliasi data penerimaan;
  4. penatausahaan rekening koran dan nota debet/kredit ;
  5. pengenaan denda atas kurang/terlambat pelimpahan dan pemberian teguran/sanksi;
  6. perhitungan dan proses pembayaran transaction fee;
  7. penyelenggaraan akuntansi dan pelaporan penerimaan Negara serta pengembalian penerimaan;
  8. penyusunan statistik dan proyeksi penerimaan negara ;
  9. pemeliharaan infrastruktur teknologi informasi, jaringan, dan aplikasi sistem penerimaan negara;
  10. supervisi teknis dan standardisasi penerimaan negara;
  11. pelaksanaan fungsi customer service dan helpdesk system penerimaan negara;
  12. penatausahaan user SPAN;
  13. pelaksanaan kehumasan dan keterbukaan informasi publik;
  14. pelaksanaan pengelolaan organisasi, kinerja, SDM, keuangan, tata usaha dan rumah tangga Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan;
  15. penyiapan bahan koordinasi dan pelaksanaan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan resiko dan kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin pegawai di lingkungan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan;
  16. penyiapan bahan koordinasi dan pelaksanaan pemantauan tindak lanjut hasil pengawasan di lingkungan KPPN Khusus Penerimaan;
  17. penyusunan bahan masukan dan Konsep Renstra, Renja, RKT, PK, LAKIP Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan;
  18. pelaksanaan administrasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan

Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan didukung oleh unit-unit eselon IV, yang meliputi 1 Subbagian Umum, 4 Seksi ( Seksi Pelaporan dan Kepatuhan Internal, Seksi Verifikasi, Akuntansi dan Analisa Statistik, Seksi Rekonsiliasi serta Seksi Layanan dan Pengelolaan Teknologi Informasi). Unit-unit tersebut telah lahir dan disusun sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi yang berbasis pada pelayanan yang efisien, efektif dan fokus dalam melaksanakan tugas.