BERITA

Sambangi SMKN 1 Sukatani, Ajak Siswa Pahami Tupoksi KPPN

PURWAKARTA-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purwakarta menyambut Hari Bakti Perbendaharaan dengan berbagai rangkain kegiatan. Baik yang dilaksanakan secara internal mau pun melibatkan satuan kerja dan masyarakat umum.

Sukses menggelar olahraga bersama berupa jalan sehat yang diteruskan dengan tasyakuran, KPPN Purwakarta melanjutkan rangkaian kegiatannya dengan menggelar Perbendaharaan Menyapa di SMKN 1 Sukatani, Kamis (24/1).

“Perbendaharaan Menyapa ini bentuk kegiatannya berupa silaturahmi, sekaligus sosialisasi ke sekolah. Tim KPPN memberikan materi langsung kepada siswa terkait profil KPPN, termasuk apa saja tugasnya,” kata Kepala KPPN Purwakarta Rini Djarwati, di lokasi kegiatan.

Dijelaskannya, Hari Bhakti Perbendaharaan diperingati pada 14 Januari setiap tahunnya. Ada pun tema yang diangkat tahun ini adalah “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”.

“Ada empat rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Perbendaharaan. Keempatnya adalah Olahraga Bersama dan Perbendaharaan Menyapa yang sudah dilaksanakan. Sementara dua lagi adalah Perbendaharaan Peduli dan Perbendaharaan Berbagi,” ucapnya.

Saat sosialisasi di hadapan ratusan siswa kelas 12 Jurusan Akuntansi SMKN 1 Sukatani, Rini juga menjelaskan Visi Dirjen Perbendaharaan. Yakni, Menjadi Pengelola Perbendaharaan yang Unggul di Tingkat Dunia.

“Harapannya, melalui sosialisasi ini siswa bisa lebih mengenal KPPN dan termotivasi menjadi pegawai KPPN. Di mana salah satu caranya dengan melanjutkan sekolah ke Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Sukatani Aceng Komarudin menyampaikan apresiasinya kepada KPPN Purwakarta. “Kehadiran KPPN ke sekolah kami bisa menambah pengetahuan dan wawasan, khususnya bagi siswa jurusan akuntansi,” kata Aceng.

Disebutkannya, seluruh siswa yang mengikuti sosialisasi KPPN tampak antusias. “Jurusan Akuntansi ini merupakan salah satu jurusan unggulan di sekolah kami. Kehadiran guru tamu ini semakin memberikan motivasi bagi seluruh siswa untuk lebih semangat belajar,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua Jurusan Akuntansi dan Lembaga Keuangan Jumaenah. Dijelaskannya, seluruh siswa kelas 12 mendapatkan pengetahuan baru terkait KPPN.

“Materi KPPN ini masuk dalam materi akuntansi pemerintahan. Namun siswa kelas 12 saat ini belum mendapatkan materi tersebut, karena masih menggunakan kurikulum KTSP. Karenanya mereka sangat antusias,” kata Jumaenah.

Ditemui usai sosialisasi, salah seorang siswa kelas 12 Akuntansi 2, Yulia Firda mengaku sangat bersemangat mengikuti sosialisasi KPPN.

“Sebelumnya saya tahu KPPN kalau lewat kantornya saja, ada tulisan KPPN. Nah, sekarang semakin paham apa itu KPPN, apa saja tugas dan fungsinya,” kata Yulia.

Ditambahkannya, KPPN Menyapa semakin menambah wawasan dan pengetahuannya pun teman-temannya. “Kita juga jadi semakin termotivasi untuk melanjutkan sekolah ke PKN STAN. Wah, kalau benar terjadi, seolah impian menjadi kenyataan,” ucapnya.