BERITA

Jakarta.djpbn.kemenkeu.go.id – Sebagai perwujudan dari strategi dalam modernisasi pengelolaan SDM, Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyelenggarakan workshop coaching and counseling di Jakarta(24/06).

Selengkapnya...

Jakarta, perbendaharaan.go.id – saat ini informasi mengenai pergerakan belanja pemerintah, pencapaiaan program serta pelaksanaa kegiatan dapat termonitor secara real time melalui sistem informasi yang terotomasi.

Selengkapnya...

Mamuju,djpbn.kemenkeu.go.id-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Badan Kebijakan Fiskal, dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Seminar Kebijakan Publik (28/5).

Selengkapnya...

Manado,djpbn.kemenkeu.go.id – Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengawali kunjungan kerjanya di provinsi Sulawesi Utara di Kabupaten Bolmong (19/6)

Selengkapnya...

Pada hari Selasa, Tanggal 27 Maret 2018, KPPN Putussibau telah mengadakan Sosialisasi Aplikasi SAKTI untuk Satker DJP dan DJBC. Sedianya sosialisasi akan dilakukan melalui video conference (Vidcon). Namun karena terjadi kendala teknis pada saat penyelenggaran vidcon, maka materi sosialisasi disampaikan oleh narasumber dari KPPN Putussibau sendiri. Dari dua intansi yang diundang yaitu KPBC Nanga Badau dan KP2KP Putussibau, hanya KP2KP yang bisa menghadiri acara tersebut.

"Berbagi melalui Tulisan", barangkali itulah semangat yang ingin ditularkan oleh Bang Beni Sulastiyo atau lebih akrab disapa Bung Ben dan Mbak Desy Khairani, dua orang narasumber dalam acara Capacity Buiding bagi pegawai KPPN Putussibau pada tanggal 23 sd 24 Maret 2018. Tema kali ini adalah "Menulis itu Menyenangkan". Tema ini dipilih bukan tanpa sengaja. Ini sejalan dengan agenda Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan saat ini sedang menggalakkan literasi di seluruh instansi vertikalnya. Tema hari bhakti perbendaharaan tahun ini "Tingkatkan Literasi Perbendaharaan untuk Menggemakan Pembangunan" semakin memperjelas tekad Ditjen Perbendaharaan untuk menciptakan kesadaran pentingnya literasi bagi seluruh pegawainya. Bahkan tahun ini para pejabat eselon IV ke atas "dipaksa" untuk menghasilkan tulisan setiap tiga bulan.

Tujuan pelatihan kali ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis bagi seluruh pegawai di KPPN Putussibau.  Dua orang narasumber dari Pontianak merupakan sosok yang kompeten di bidang tulis menulis dan Blogging. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Bahkan adik-adik SMK yang sedang mengikuti PKL pun tampak menkmati kegiatan ini. Dengan metode yang digunakan oleh para coach, kami sangat menikmati pelatihan ini. Tidak terlalu banyak teori, langsung hajar, langsung praktek, langsung menulis. "Menulis pada dasarnya sama dengan Berbicara" begitu kata Bung Ben.

Peserta pelatihan langsung diajari untuk membuat blog, mempercantik, posting tulisan dan lain-lain. Setelah pelatihan ini selesai seluruh peserta telah punya blog dan bisa menyimpan tulisan-tulisannya di Blog. Sesi paktek menulis lebih seru lagi. Dibuka dengan sedikit teori dan motivasi, peserta pelatihan langsung diajak untuk praktek menulis. Menuangkan isi kepala kedalam tulisan. Lumayan banyak tulisan yang dihasilkan oleh peserta pelatihan. Kumpulan tulisan peserta pelatihan itu nantinya akan dibuatkan e-book oleh Bung Ben dengan judul Gedung Biru KPPN Putussibau. Saking asyiknya, tanpa terasa hari telah sampai di penghujung sore. Jadwal acara yang seharusnya berakhir sampai pukul 16.00, bablas sampai maghrib. Ternyata menulis itu menyenangkan.

Tetap semangat.

 

KPPN Putussibau mengadakan kegiatan pembuatan sistem resapan biopori pada hari Jum'at tanggal 16 Maret 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Putussibau dipimpin oleh kepala KPPN Putussibau Bapak Heru Marthono. Target awal pembuatan biopori adalah 12 lubang dengan kedalaman sekitar 1 meter. Kondisi tanah yang keras, liat dan banyak batu membuat alat bor manual yang dipakai sulit untuk menembus tanah. Bahkan mata bor yang kami pakai membentur aspal dan bekas bangunan lama yang sudah ditimbun sehingga tidak bisa dilanjutkan. Setelah tiga kali pindah lokasi, akhirnya mata bor berhasil menembus tanah. Tidak mudah juga, membutuhkan upaya yang lumayan menguras tenaga. Akhirnya pada tahap awal ini baru  berhasil dibuat 3 lubang biopori. Pembuatan biopori akan dilanjutkan kembali pada kesempatan lain. Ayo Semangat

Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Dilakukan pada tanggal 08 Maret 2018 di Aula KPPN Putussibau. Pelaksanaa ujian kali ini diikuti oleh tujuh orang peserta dari satker mitra kerja KPPN.