BERITA

KPPN Serang Adakan PPL bagi Bendahara yang Telah Bersertifikat

[Serang] Jum’at, 3 November 2017, di Aula KPPN Serang dilakukan Kegiatan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) Tahap II bagi Bendahara Bersertifikat dengan Nomor Register Tahun 2017 yang diikuti oleh 47 (empat puluh tujuh) peserta. Seluruh peserta merupakan Bendahara di unit kerja satuan kerja (Satker) lingkup kerja KPPN Serang.

Bendahara merupakan ujung tombak dalam pengelolaan keuangan negara, baik bendahara penerimaan maupun bendahara pengeluaran. Baik buruknya kualitas pengelolaan keuangan negara salah satunya tergantung dari kinerja bendahara. Oleh karena itu bendahara harus terus ditingkatkan kompetensinya.

Kegiatan ini memperoleh materi Tugas dan Kedudukan Bendahara (PMK 162/PMK.5/2013 dan PMK 230/PMK.5/2016), Jabatan Fungsional Pranata Keuangan dan materi Perpajakan. Secara keseluruhan kegiatan dimaksud berlangsung sesuai dengan tujuan dalam rangka memelihara, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi profesional Bendahara dalam pelaksanaan tugasnya. Kegiatan ini dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman sesama bendahara dan menyamakan persepsi dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Terkait alur kerja bendahara dalam penatausahaan belanja negara dan tata cara perpajakan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta proses pencatatan baik secara aplikasi maupun secara manua

l dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, menjadi materi yang mendapat perhatian lebih dalam diskusi kegiatan PPL ini.

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan seluruh Bendahara Negara Tersertifikat dapat lebih meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam mendukung tercapainya peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara di unit kerja masing-masing pada khususnya dan Kementerian Negara/Lembaga pada umumnya. Harapan terbesar dari seluruh bendahara kementerian negara/lembaga adalah dengan diakuinya mereka sebagai “Jabatan Fungsional” dalam menentukan karier kedepannya. (Sulis)