BERITA

KPPN Sidikalang melaksanakan:

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM 

 

Dalam rangka upaya Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 di lingkungan KPPN Sidikalang, Ibu Kartika Chandra selaku Kepala KPPN Sidikalang menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

Acara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2018 di Aula KPPN Sidikalang tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan para pegawai KPPN Sidikalang dan unsur Muspida di Kabupaten Dairi Kepolisian Resort Dairi, Kejaksaan Negeri Dairi dan Pengadilan Negeri Dairi.

 

Dalam acara ini dibacakan Kebulatan Tekad oleh Kepala KPPN Sidikalang dan diikuti oleh seluruh Pegawai di lingkungan KPPN Sidikalang,  dilanjutkan Penandatangan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM oleh Kepala KPPN Sidikalang dan seluruh Pegawai di lingkungan KPPN Sidikalang serta disaksikan oleh unsur Muspida di Kabupaten Dairi.

 

Dalam sambutannya Kepala KPPN Sidikalang menyatakan bahwa Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional. Dalam perjalanannya, banyak kendala yang dihadapi diantaranya penyalahgunaan wewenang, praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan lemahnya pengawasan. Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, diterbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritras menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah yang dijadikan pedoman.

 

Kementerian Keuangan memiliki komitmen yang kuat untuk membangun pemerintahan yang bersih dan bebas KKN melalui penetapan Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Sidikalang sebagai unit kerja di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara untuk diikutsertakan dalam akselerasi percepatan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBM. Untuk itu sebagai langkah awal tahapan pelaksanaan program tersebut dilakukan pencanangan Pelaksanaan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada KPPN Sidikalang.

 

Pada kesempatan tersebut Kepala KPPN Sidikalang menegaskan bahwa segenap pimpinan dan jajaran pada KPPN Sidikalang siap bertekad untuk bersinergi dan berpartisipasi aktif mendukung pelaksanaan program pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada semua mitra kerja/stakeholder untuk mendukung motto Ditjen Perbendaharaan “Mengawal APBN, Membangun Negeri”.

Jakarta.djpbn.kemenkeu.go.id – Sebagai perwujudan dari strategi dalam modernisasi pengelolaan SDM, Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyelenggarakan workshop coaching and counseling di Jakarta(24/06).

Selengkapnya...

Mamuju,djpbn.kemenkeu.go.id-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Badan Kebijakan Fiskal, dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Seminar Kebijakan Publik (28/5).

Selengkapnya...

Manado,djpbn.kemenkeu.go.id – Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengawali kunjungan kerjanya di provinsi Sulawesi Utara di Kabupaten Bolmong (19/6)

Selengkapnya...

Mengambil tema "KPPN Sidikalang being Funtastic Mengawal APBN Membangun Negeri", KPPN Sidikalang pada tanggal 1 Mei 2018 mengadakan kegiatan Capacity Building di Taman Simalem Resort, Kab.Karo. Kegiatan ini diikuti seluruh pegawai KPPN Sidikalang, termasuk pegawai PPNPN. Dalam sambutannya, kepala KPPN Sidikalang, Kartika Chandra mengatakan Capacity Building yang dilaksanakan ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kekompakan pegawai.  

Capacity Building diisi dengan kegiatan utama berupa trekking dengan medan perbukitan di area Taman Simalem Resort dengan view keindahan Danau Toba yang dapat dinikmati sepanjang trekking. Pada kegiatan trekking tersebut, filosofi yang dapat diambil, setiap pegawai dituntut untuk kompak dan selalu bersama dalam melaksanakan setiap kegiatan dan tugas yang harus dijalani baik dalam berbagai situasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Sidikalang menyerahkan penghargaan Best Employee Semester II tahun 2017 kepada Sisca Panjaitan. Best Employee merupakan penghargaan yang diberikan oleh KPPN Sidikalang kepada pegawai yang berprestasi.

Selain itu juga dilakukan pengukuhan Duta Go Green KPPN Sidikalang Tahun 2018 yang ditandai dengan penyematan selempang Duta Go Green kepada Hesti Dessyca Siagian. Duta Go Green diharapkan dapat menjadi motor dan role model pelaksanaan program perbendaharaan Go Green di lingkungan KPPN Sidikalang.

Acara yang dimulai sejak pagi itu berjalan dengan baik dan lancar. Terlihat seluruh pegawai bersemangat mengikuti kegiatan hingga akhir.

KPPN Sidikalang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama BPKAD dan SKPD Pengelola DAK Fisik Kab.Dairi, Kab.Karo dan Kab.Pakpak Bharat terkait Evaluasi Pelaksanaan Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2017 serta pelaksanaan Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2018. FGD diselenggarakan tanggal 24 s.d 26 April 2018 di masing-masing Kabupaten wilayah kerja KPPN Sidikalang. Untuk wilayah Kabupaten Pakpak Bharat diselenggarakan tanggal 24 April 2018 bertempat di  Aula Kantor BPKAD Pakpak Bharat, untuk Kabupaten Dairi diselenggarakan tanggal 25 April 2018 di Aula KPPN Sidikalang sedangkan untuk wilayah Kabupaten Karo diselenggarakan tanggal 26 April 2018 di Kantor Bupati Karo. Kegiatan FGD di setiap lokasi penyelenggaraan dihadiri dan dibuka Kepala KPPN Sidikalang.

Focus Group Discussion (FGD) ini bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, berdiskusi dan menyamakan persepsi serta mencari solusi atas permasalahan/kendala yang terjadi pada kabupaten masing-masing. Pada setiap kesempatan FGD, Kepala KPPN Sidikalang, Kartika Chandra, menyampaikan beberapa poin penting terkait evaluasi penyaluran DAK Fisik TA 2017 dan persyaratan penyaluran DAK Fisik TA 2018. Disampaikan juga, pada penyaluran DAK Fisik TA 2018 setiap SKPD akan diberikan user & password untuk mengakses aplikasi OM SPAN. Selain itu disampaikan terdapat 4 bidang baru pada DAK Fisik regular yaitu bidang Jalan, Air minum, Sanitasi dan Pasar, serta satu bidang baru DAK Fisik Penugasan yaitu bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta 3 bidang baru DAK Fisik Afirmasi yaitu bidang Pendidikan, Air minum dan Sanitasi.

Menghadapi Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2018, Kepala Seksi Bank KPPN Sidikalang, Donny Irwanto, menyampaikan review Penyaluran DAK Fisik Tahun 2018. Ketentuan penyaluran DAK Fisik bertahap tahun 2018 disalurkan melalui tiga tahap yaitu Tahap pertama disalurkan sebesar 25 persen dari pagu anggaran, tahap kedua sebesar 45 persen dan tahap ketiga disalurkan sebesar selisih antara jumlah dana yang disalurkan s.d Triwulan II dengan nilai rencana penyelesaian kegiatan.

Sementara itu, pada kesempatan FGD di wilayah Kabupaten Dairi, Kepala BPKAD Kabupaten Dairi, Harryson FS menyampaikan bahwa keberhasilan penyaluran DAK Fisik

TA 2018 tidak hanya berada pada peran BPKAD dan KPPN Sidikalang saja, namun kerjasama para SKPD sebagai pelaksana kegiatan merupakan kunci utamanya.

 Pada kesempatan lain, Mulianta Tarigan, Asisten 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Karo menyampaikan bahwa telah melakukan upaya percepatan dalam pelaksanaan kegiatan yang didanai DAK Fisik TA 2018 antara lain telah melakukan rapat-rapat persiapan dalam upaya inventarisasi permasalahan/kendala pada masing-masing SKPD pelaksana kegiatan.

 Pada akhirnya, Kepala KPPN Sidikalang berharap dengan terselenggaranya FGD pada masing-masing wilayah Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, sinergi dan koordinasi antara KPPN Sidikalang dengan Pemerintah dan SKPD dapat terjalin lebih meningkat lagi sehingga penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2018 dapat terlaksana dengan baik.

 

 

KPPN Sidikalang bertempat di MAN Sidikalang menyelenggarakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa

Selengkapnya...