BERITA

Jalin Sinergi dan Koordinasi Penyaluran DAK Fisik Tahun 2018, KPPN Sidikalang Bersama BPKPAD dan SKPD Kab.Dairi, Kab.Karo dan Kab.Pakpak Bharat Mengadakan Focus Group Discussion

KPPN Sidikalang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama BPKAD dan SKPD Pengelola DAK Fisik Kab.Dairi, Kab.Karo dan Kab.Pakpak Bharat terkait Evaluasi Pelaksanaan Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2017 serta pelaksanaan Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2018. FGD diselenggarakan tanggal 24 s.d 26 April 2018 di masing-masing Kabupaten wilayah kerja KPPN Sidikalang. Untuk wilayah Kabupaten Pakpak Bharat diselenggarakan tanggal 24 April 2018 bertempat di  Aula Kantor BPKAD Pakpak Bharat, untuk Kabupaten Dairi diselenggarakan tanggal 25 April 2018 di Aula KPPN Sidikalang sedangkan untuk wilayah Kabupaten Karo diselenggarakan tanggal 26 April 2018 di Kantor Bupati Karo. Kegiatan FGD di setiap lokasi penyelenggaraan dihadiri dan dibuka Kepala KPPN Sidikalang.

Focus Group Discussion (FGD) ini bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, berdiskusi dan menyamakan persepsi serta mencari solusi atas permasalahan/kendala yang terjadi pada kabupaten masing-masing. Pada setiap kesempatan FGD, Kepala KPPN Sidikalang, Kartika Chandra, menyampaikan beberapa poin penting terkait evaluasi penyaluran DAK Fisik TA 2017 dan persyaratan penyaluran DAK Fisik TA 2018. Disampaikan juga, pada penyaluran DAK Fisik TA 2018 setiap SKPD akan diberikan user & password untuk mengakses aplikasi OM SPAN. Selain itu disampaikan terdapat 4 bidang baru pada DAK Fisik regular yaitu bidang Jalan, Air minum, Sanitasi dan Pasar, serta satu bidang baru DAK Fisik Penugasan yaitu bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta 3 bidang baru DAK Fisik Afirmasi yaitu bidang Pendidikan, Air minum dan Sanitasi.

Menghadapi Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2018, Kepala Seksi Bank KPPN Sidikalang, Donny Irwanto, menyampaikan review Penyaluran DAK Fisik Tahun 2018. Ketentuan penyaluran DAK Fisik bertahap tahun 2018 disalurkan melalui tiga tahap yaitu Tahap pertama disalurkan sebesar 25 persen dari pagu anggaran, tahap kedua sebesar 45 persen dan tahap ketiga disalurkan sebesar selisih antara jumlah dana yang disalurkan s.d Triwulan II dengan nilai rencana penyelesaian kegiatan.

Sementara itu, pada kesempatan FGD di wilayah Kabupaten Dairi, Kepala BPKAD Kabupaten Dairi, Harryson FS menyampaikan bahwa keberhasilan penyaluran DAK Fisik

TA 2018 tidak hanya berada pada peran BPKAD dan KPPN Sidikalang saja, namun kerjasama para SKPD sebagai pelaksana kegiatan merupakan kunci utamanya.

 Pada kesempatan lain, Mulianta Tarigan, Asisten 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Karo menyampaikan bahwa telah melakukan upaya percepatan dalam pelaksanaan kegiatan yang didanai DAK Fisik TA 2018 antara lain telah melakukan rapat-rapat persiapan dalam upaya inventarisasi permasalahan/kendala pada masing-masing SKPD pelaksana kegiatan.

 Pada akhirnya, Kepala KPPN Sidikalang berharap dengan terselenggaranya FGD pada masing-masing wilayah Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, sinergi dan koordinasi antara KPPN Sidikalang dengan Pemerintah dan SKPD dapat terjalin lebih meningkat lagi sehingga penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2018 dapat terlaksana dengan baik.