BERITA

Inovasi KPPN Waingapu Dalam Aplikasi Bernama SIMULTAN

Penulis : Hanifah Rufa’idah | Editor : Raimundus Sengga | Fotografer : Yuliana Iki

Kota Waingapu, Sumba Timur mempunyai ciri khas yang melekat yaitu padang rumput yang terhampar luas di hampir seluruh wilayahnya.

Keindahan Bukit Wairinding, Salah Satu Ikon Kota Waingapu
Keindahan Bukit Wairinding, Salah Satu Ikon Kota Waingapu

Iklim yang tandus dan kering seperti kebanyakan daerah di Nusa Tenggara Timur menyebabkan padang rumput di Kabupaten Sumba Timur lebih sering terlihat berwarna kekuningan hingga kecoklatan terutama pada musim kemarau. Ada saatnya juga Pulau Sumba akan berubah menjadi hijau. Meski curah hujannya cenderung rendah, pada bulan-bulan tertentu Pulau Sumba akan terlihat hijau menghampar seperti permadani. Keindahan sabana Pulau Sumba yang hijau ini dapat dinikmati sejauh mata memandang.

Ibarat gambaran padang rumput Pulau Sumba yang dapat kembali tumbuh menjadi hijau setelah beberapa waktu menguning, begitu pula halnya dengan motivasi para pejabat dan pegawai KPPN Waingapu yang terus tumbuh dalam menghasilkan inovasi. Satu inovasi selesai, tumbuh lagi inovasi yang lain. Inovasi-inovasi ini akan terus tumbuh demi mempersembahkan layanan terbaik kepada stakeholder. Dengan demikian, tingkat kepuasan stakeholder terhadap layanan KPPN Waingapu akan terus meningkat.

“Inovasi itu terus tumbuh bagai padang sabana yang menghampar bak permadani hijau yang sejuk dinikmati sejauh mata memandang. Hal ini semata-mata untuk kepuasan mitra kerja (satker).”

Suasana hijau padang rumput kota Waingapu ini diimplementasikan juga dalam diri pegawai dengan kondisi jiwa yang sejuk. Hal ini akan membawa iklim kerja yang kondusif dan harmonis, sehingga dapat mendorong serta menumbuhkan ide-ide kreatif bagi pegawai yang terbukti dengan lahirnya inovasi berupa aplikasi berbasis web, yaitu Sistem Informasi Monitoring Kepatuhan Pelaporan dan Persuratan (SIMULTAN).

Keberadaan Aplikasi Simultan ini diharapkan mampu mewadahi kepentingan para pengguna kepentingan. Dengan demikian, satuan kerja mendapat kemudahan dalam menyampaikan kewajibannya ke KPPN. Pengembang Aplikasi Simultan masih akan terus memperbaharui aplikasi ini agar dapat mewakili seluruh kepentingan penggunanya, tidak hanya satuan kerja namun juga internal kantor. Selain satuan kerja di wilayah bayar KPPN Waingapu maupun internal KPPN Waingapu, Kepala KPPN Waingapu berharap penggunaan aplikasi ini akan berkembang hingga pada satuan kerja dan KPPN lain dalam lingkup nasional seperti aplikasi-aplikasi pendahulunya.