BERITA

Workshop Shared Services: Lessons Learned from the Australian Government

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id, - Direktorat Jenderal Perbendaharaan bekerja sama dengan Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) dan the Australian Government Department of Finance menyelenggarakan Workshop Shared Services: Lessons Learned from the Australian Government di Gedung Jusuf Anwar, Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan pada Senin (27/08). Nina McKeon, Director in the Service Delivery Office, dan James Langlands, APS6 in Shared and Common Services, the Australian Department of Finance, menjadi narasumber dalam workshop tersebut.

 Acara yang dinisiasi oleh Subdit Litbang dan Kerja Sama Kelembagaan Direktorat Sistem Perbendaharaan ini mengupas seluk beluk shared services sebagai sebuah model bisnis yang digunakan banyak perusahaan untuk tetap kompetitif dengan mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Competitive advantages dari shared services tercipta dengan adanya struktur yang fleksibel dan elastis dengan menekankan pada aktivitas utama dan melakukan rekonfigurasi pada aktivitas pendukung.

Banyak organisasi sektor publik mencoba mengadopsi model tersebut, termasuk di Indonesia. Melalui draft blueprint Transformasi Kelembagaan, penerapan shared services ini dimandatkan. Salah satu langkah awalnya adalah piloting sentralisasi pembayaran gaji di DJPb. Sebelum melakukan perluasan area layanan yang bisa di-shared service-kan, pemerintah perlu melakukan kajian lebih lanjut dan melakukan benchmarking pada negara-negara maju yang telah sukses menerapkan shared services, salah satunya Australia.

Workshop ini diselenggarakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan persiapan implementasi shared services. Ada tiga tema pokok yang dibahas. Pertama, studi kasus pada Pemerintah Australia mulai dari kebijakan dan program, serta overview dari kantor Service Delivery (SDO). Kedua, penganggaran dan akuntabilitas pada shared services. Ketiga, strategi penyiapan infrastruktur IT sebagai enabler dari shared services.

Workshop yang diadakan di Gedung Jusuf Anwar ini berjalan dengan serius tapi santai. Para peserta baik dari lingkup DJPb maupun unit eselon I yang lain menyimak dan bersemangat mengajukan pertanyaan dari tiap tema yang dipresentasikan. Workshop ini dilanjutkan dengan technical discussions di Ruang Rapat Direktorat Sistem Perbendaharaan, pada Selasa (28/11) untuk mengelaborasi lebih lanjut tema-tema yang telah disampaikan.

 

Kontributor Direktorat Sistem Perbendaharaan – Pringadi Abdi Surya