PROFIL

Human Resource Information System

Sebagai wujud upaya pengelolaan SDM secara modern, Ditjen Perbendaharaan juga telah menerapkan pengelolaan data kepegawaian berbasis teknologi informasi. Dirintis sejak tahun 2009, Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) Ditjen Perbendaharaan saat ini telah dimanfaatkan tidak hanya sebagai basis data kepegawaian yang diposisikan sebagai Decision Supporting Systems (DSS) bagi pengambilan kebijakan di Bidang SDM, tetapi juga menjadi alat bantu (tools) administratif bagi pengelola SDM Ditjen Perbendaharaan di pusat maupun instansi vertikal, yang diharapkan nantinya dapat mengurangi peran proses bisnis yang bersifat paper based di bidang kepegawaian.

Dengan filosofi self assistance, transparansi dan akuntabilitas data kepegawaian coba diwujudkan melalui berbagai pengembangan SIK. Pada 2014, dilakukan integrasi modul-modul aplikasi yang dalam kurun 2009-2013 telah dibangun secara mandiri seperti manajemen data kompetensi pegawai, manajemen pendidikan dan pelatihan, serta media online di bidang kepegawaian menjadi satu kesatuan yang berkonsep single interface, dan single user-single account. SIK ini di tahun 2014 juga dibuka aksesnya untuk seluruh pegawai Ditjen Perbendaharaan sehingga tiap pegawai dapat me- review dan meng-update data pribadinya masing- masing, dengan user aktif saat ini mencapai 97,4% (7860 orang) dari seluruh pejabat dan pegawai Ditjen Perbendaharaan. Tidak hanya itu, di tahun 2014 pula telah diwujudkan suatu media komunikasi online yang dapat digunakan pegawai untuk berkonsultasi atau menyampaikan aspirasi terkait pengelolaan SDM di lingkungan Ditjen Perbendaharaan, langsung kepada para pengelola dan pemangku otoritas kepegawaian di kantor pusat Ditjen Perbendaharaan tanpa hambatan jalur birokrasi, namun tetap mengendepankan unsur terkendali dan bertanggungjawab.

Ke depan, HRIS Ditjen Perbendaharaan dengan seluruh komponennya disiapkan untuk memasuki era integrasi HRIS di level Kementerian Keuangan