PROFIL

Layanan Filial

Layanan Filial KPPN atau KPPN Filial adalah layanan front office Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang ditempatkan di luar KPPN dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders dan dilaksanakan oleh Satuan Tugas berdasarkan penugasan khusus dari Kepala KPPN. Sedangkan Layanan Mobile KPPN atau KPPN Mobile adalah layanan front office KPPN yang ditempatkan di mobil layanan dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders yang dilaksanakan oleh Satuan Tugas berdasarkan surat tugas dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan atas usulan Kepala KPPN.[1]

Selanjutnya, dikenal pula istilah KPPN Filial Mandiri dan KPPN Filial Terpadu. KPPN Filial Mandiri adalah KPPN Filial yang ditempatkan di lokasi yang disediakan dan dibiayai oleh DIPA Ditjen Perbendaharaan secara mandiri. Sedangkan KPPN Filial Terpadu adalah KPPN Filial yang ditempatkan di lokasi kantor stakeholder dan/atau kantor Pemerintah Daerah setempat berdasarkan perjanjian kerjasama antara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan/atau Kepala KPPN dengan stakeholder dan/atau Pemerintah Daerah atas persetujuan Dirjen Perbendaharaan.

Pembukaan dan Penutupan KPPN Filial dan KPPN Mobile diatur dalam Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-7/PB/2012 tentang Tata Cara Pembentukan dan/atau Penutupan Layanan Filial dan Layanan Mobile Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Peraturan tersebut menggantikan Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-9/PB/2010 tentang Tata Cara Pembentukan Layanan Filial dan Layanan Mobile Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Selain itu, terbit pula Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Nomor SE-7/PB/2011 tentang Langkah-langkah Operasional Layanan Filial pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara.