PROFIL

Layanan Filial

 

Pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile dilaksanakan dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria minimal sebagai berikut:

  • letak dan kondisi geografis wilayah kerja;
  • kondisi sarana dan prasarana transportasi yang tersedia;
  • jumlah stakeholders yang dilayani;
  • volume SPM;
  • ketersediaan dan kualitas jaringan komunikasi data; dan
  • efisiensi dan efektivitas layanan.

KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile dibentuk oleh Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan berdasarkan usulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan/atau inisiatif dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan dalam rangka peningkatan layanan kepada stakeholders.

Pembentukan Berdasarkan Usulan Kanwil

Pembentukan KPPN Filial Mandiri/Terpadu dan/atau KPPN Mobile berdasarkan usulan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:

Kanwil Ditjen Perbendaharaan melakukan kajian kelayakan pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile di wilayah kerjanya dengan sekurang-kurangnya mempertimbangkan kriteria-kriteria tersebut di atas.
Kanwil Ditjen Perbendaharaan mengajukan usul pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile di wilayah
kerjanya kepada Dirjen Perbendaharaan dengan melampirkan kerangka acuan kerja/terms of reference (TOR) dan hasil kajian kelayakan.
Dirjen Perbendaharaan menugasi Tim Penilai Pembentukan dan Penutupan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile untuk melakukan evaluasi, penilaian, dan memberikan pertimbangan kepada Dirjen Perbendaharaan terhadap kelayakan usulan pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile. Pembentukan Tim Penilai ditetapkan dalam Keputusan Dirjen Perbendaharaan.
Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian Tim Penilai serta mempertimbangkan rencana stratejik organisasi Ditjen Perbendaharaan, Dirjen Perbendaharaan dapat menetapkan pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile dalam Keputusan Dirjen Perbendaharaan.

Pembentukan Berdasarkan Inisiatif Kantor Pusat

Pembentukan KPPN Filial Mandiri/Terpadu dan/atau KPPN Mobile berdasarkan inisiatif dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:

Dalam rangka peningkatan pelayanan KPPN kepada stakeholders di wilayah tertentu, Sekretariat Ditjen Perbendaharaan c.q. Bagian Organisasi dan Tatalaksana melakukan kajian kemungkinan pelaksanaan inovasi layanan melalui pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile.
Berdasarkan hasil kajian dimaksud, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan mengajukan usul pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile kepada Dirjen Perbendaharaan dengan dilengkapi kerangka acuan kerja/terms of reference (TOR) dan hasil kajian kelayakan.
Dirjen Perbendaharaan menugaskan Tim Penilai Pembentukan dan Penutupan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile untuk melakukan evaluasi, penilaian, dan memberikan pertimbangan kepada Dirjen Perbendaharaan terhadap kelayakan usulan pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile.
Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian Tim Penilai serta mempertimbangkan rencana stratejik organisasi Ditjen Perbendaharaan, Dirjen Perbendaharaan dapat menetapkan pembentukan KPPN Filial dan/atau KPPN Mobile dalam Keputusan Dirjen Perbendaharaan.