PROFIL

Sarana & Prasarana

Standardisasi sarana dan prasarana kantor vertikal DJPBN merupakan salah satu kebijakan yang sangat strategis dalam menjamin kesamaan kualitas layanan kepada stakeholder. Melalui pemetaan terhadap kondisi sarana dan prasarana kantor vertikal diharapkan dapat memberikan bahan masukan bagi beberapa kebijakan organisasi terkait dengan manajemen aset, image building organisasi, perencanaan keuangan dan monitoring dan evaluasi terhadap kelayakan sarana dan prasarana yang digunakan.

Tahun 2012, DJPBN melakukan pemetaan terhadap seluruh kantor vertikal untuk menginventarisasi kondisi sarana dan prasarana kantor vertikal dan mengklasifikasikannya dalam kategori baik, sedang dan kurang. Hasil klasifikasi tersebut sangat bermanfaat bagi rencana strategis institusi kedepan terutama bagi pengembangan dan peningkatan mutu layanan kepada stakeholder.

Untuk melanjutkan penerapan standarisasi sarana dan prasarana pada kantor vertikal, pada tahun 2013, DJPB melanjutkan penerapan standardisasi pada image building dalam bentuk standarisasi papan nama, pintu utama, backdrop dan neon sign. Selanjutnya, ruang pelayanan juga tidak luput dari standarisasi. Ruang layanan, seperti ruang Front Office (FO), ruang tunggu, customer service dan toilet tamu. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Kantor Pusat DJPBN melakukan piloting pada KPPN Malang dan asistensi pada proses pembangunan/rehabilitasi beberapa kantor vertikal oleh Tim Kantor Pusat.