Menkeu : Pembiayaan Ultra Mikro adalah Investasi Berdampak Sosial dari Pemerintah

Banten, djpb.kemenkeu.go.id,- Sebagai wujud sinergi program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemerintah mengupayakan program investasi yang mampu memberi dampak sosial kepada masyarakat atau Social Impact Investment. Salah satunya diinisiasi oleh Kementerian Keuangan c.q. Ditjen Perbendaharaan melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

"Kita (Kemenkeu) punya program Pembiayaan Ultra Mikro atau UMi, yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dalam jumlah yang terjangkau yaitu sampai dengan 10 juta rupiah, jumlah yang tidak bisa didapatkan dari pinjaman bank yang relatif tinggi" kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika bertatap muka dengan warga Desa Sindangsari, Serang, Banten, Jumat (15/3). Program UMi tersebut diharapkan membantu usaha dan perekonomian masyarakat kecil sehingga mampu meningkatkan taraf hidup setiap warga.

Sampai saat ini, Pembiayaan UMi telah menjangkau 34 provinsi dan hampir 540 kabupaten/kota dengan pembiayaan yang telah disalurkan sampai dengan tahun 2018 sebesar 2,1 triliun kepada 846.572 usaha mikro. Di provinsi Banten sendiri, dana yang telah disalurkan sebesar Rp90,5 miliar kepada 32.538 usaha mikro. Kabupaten Serang merupakan wilayah nomor dua setelah kabupaten Tangerang di provinsi Banten yang paling banyak menerima bantuan pembiayaan UMi.

Pada acara bertajuk "Sinergi Program Pemerintah untuk Kesejahteraan Rakyat", Menteri Keuangan dengan didampingi oleh Dirjen Perbendaharaan dan jajaran Eselon I lingkup Kemenkeu meninjau langsung program pemerintah di Desa Sindangsari.

Bersama dengan Menteri PUPR, Gubernur Provinsi Banten, dan Wakil Bupati Serang, Menteri Keuangan memberikan bantuan secara simbolis untuk desa tersebut yang diterima langsung oleh para pengelola desa. Menkeu juga memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada para stakeholder seperti Pusat Investasi Pemerintah dan penyalur pembiayaan UMi, Bank Indonesia dan bank Himbara lainnya, serta Pegadaian dan stakeholder yang telah melakukan sinergi dalam pelaksanaan berbagai program pemerintah bagi masyarakat seperti program elektrifikasi, Program Nasional Penyediaan Air Minum (PAMSIMAS), serta pemberdayaan usaha kecil dan mikro. Diharapkan, masyarakat dapat secara langsung merasakan manfaat dari sinergi program pemerintah sesuai dengan tujuan dari digulirkannya Social Impact Investment. (DR/DK/AAW)