Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, DJPB Raih Capaian Terbaik Survey Penilaian Integritas

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id - Meningkatnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan layanan publik turut dipengaruhi oleh meningkatnya integritas pegawai negeri sipil dalam melaksanakan tugasnya. Kementerian Keuangan sebagai pengelola keuangan negara ikut berperan aktif dalam menjaga kepercayaan masyarakat salah satunya dengan menyelenggaran survei penilaian integritas yang dilaksanakan setiap tahunnya. Ditjen Perbendaharaan dalam survei penilaian integritas tahun 2018 meraih capaian terbaik lingkup Kemenkeu. Hal tersebut disampaikan Irjen Kemenkeu Sumiyati dalam membuka townhall meeting Ditjen Perbendaharaan di Jakarta, Rabu (10/04).

“Kami sampaikan penghargaan, apresiasi, dan terima kasih atas komitmen rekan-rekan di DJPb di manapun berada, terus menjaga integritas, nilai 91,69% merupakan nilai yang tinggi untuk Indonesia,” ungkap Sumiyati.

Surveiy penilaian integritas turut melibatkan pihak internal dan eksternal sebagai responden menggunakan beberapa kriteria penilaian, di antaranya dari sisi pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan anggaran, budaya organisasi, sistem antikorupsi, budaya integritas organisasi, dan budaya integritas kerja. Dengan dilaksanakannya survei tersebut diharapkan ada early warning system korupsi sehingga potensi tindak korupsi pada suatu instansi dapat ditekan. Pada kesempatan yang sama Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono berpesan supaya capaian survei penilaian integritas tahun 2018 dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang serta lebih cepat dalam menindaklanjuti variabel kelemahan yang muncul dalam penilaian integritas sebelumnya.

“Saya ingin menyampaikan satu hal yang paling prinsip, apa yang kita lakukan merupakan upaya menjaga amanah tugas kita  di Direktorat Jenderal Perbendaharan, yang kita kejar bukanlah nilai namun implementasi di  lapangan,” pesan Marwanto. Kegiatan townhall meeting dihadiri Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kemenkeu Sudarto dan jajaran pejabat serta pelaksana kantor pusat Ditjen Perbendaharan. Sudarto mengungkapkan bahwa integritas merupakan sesuatu yang komplet dan holistik yang memerlukan sistem yang baik untuk mewujudkannya.

“Kami sangat bangga sekali atas capaian Ditjen Perbendaharan dalam survei penilaian integritas, karena berbicara tentang integritas merupakan sesuatu yang komplet dan holistik serta memerlukan sistem yang baik untuk mewujudkannya,” kata Sudarto. [DK/TAP-SW]