BERITA

DJPb Kembali Persiapkan KPPN Meraih ISO 9001:2015

ISO Pelayanan Publik yang sebelumnya 9001:2008 akan diperbarui ke tingkat yang lebih tinggi yaitu ISO 9001:2015. Sejumlah 40 KPPN yang sebelumnya berhasil meraih ISO 9001:2008 hingga tahun 2017, akan kembali dipersiapkan untuk meraih predikat ISO 9001:2015. Aspek Pelayanan Publik yang sebelumnya terdapat pada ISO 9001:2008 masih dipertahankan, namun ada penambahan aspek yang dituangkan dalam ISO 9001:2015.

“Di dalam 2015 ditambahkan aspek pengelolaan risiko. Itu yang juga harus difokuskan,” papar Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, dalam kunjungan kerjanya ke KPPN Bandar Lampung (7/8).

Saat ini, sedang dilakukan audit terhadap 15 KPPN yang telah memperoleh ISO 9001:2008 sebelumnya. Hasil audit dari 15 KPPN tersebut akan menentukan hasil dari 182 KPPN lainnya. “Kalau 15 KPPN ini berhasil lulus, maka seluruh KPPN kita sebanyak 182 KPPN dianggap telah memenuhi syarat ISO. Tetapi kalau 1 gugur, ya semua KPPN dianggap belum memenuhi,” jelas Marwanto.

Marwanto berharap setiap perwakilan KPPN mampu mendapatkan nilai terbaik sebagai bentuk komitmen Ditjen Perbendaharaan dalam memberikan pelayanan prima. “Hal yang hati-hati ialah saat kita mengucapkan janji layanan. Yang diinginkan dalam ISO, apakah janji kita bisa ditepati atau tidak.”

Diraihnya predikat ISO ini nantinya akan semakin memberikan keyakinan bagi mitra Ditjen Perbendaharaan khususnya stakeholder KPPN, bahwa pelayanan yang diberikan KPPN merupakan pelayanan yang bertaraf internasional. (dr)