BERITA

Transaksi Perdana Pembelian SBN, Upaya Pemerintah Naikkan Trust terhadap SBN

Ditjen Perbendaharaan, melalui Treasury Dealing Room (TDR), melakukan transaksi perdana pembelian Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder. Selain sebagai bentuk perluasan instrumen pengelolaan kas negara, pembelian SBN ini merupakan bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kepercayaan terhadap keberadaan SBN di pasar sekunder.

Mengantisipasi kondisi perekonomian global saat ini, menurut Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, pembelian SBN oleh pemerintah dilakukan pada saat yang tepat.

“Ini adalah saat yang tepat karena situasi global berada pada kondisi yang relatif rapuh. Masuknya Kementerian Keuangan melalui TDR untuk membeli SBN di secondary market saya kira mampu menambah demand dari SBN yang ada di pasar,” papar Marwanto dalam acara Transaksi Perdana SBN yang berlangsung di Gedung Prijadi II, Jakarta (16/8).

Dengan dimulainya transaki SBN di pasar sekunder oleh pemerintah, diharapkan dapat memperdalam pasar fixed income agar lebih bergairah dan membuat SBN menjadi komoditas yang semakin likuid. Sehingga di masa yang akan datang kebutuhan pembiayaan pemerintah dalam jangka pendek lebih reliable dan dapat dipenuhi melalui pasar sekunder yang dalam.

TDR merupakan unit dari Direktorat Pengelolaan Kas Negara, Ditjen Perbendaharaan, yang mengelola dan memanfaatkan idle cash dalam bentuk investasi dalam rangka memperkecil cost of fund sumber dana APBN . (dr)