BERITA

Indonesia Kembali Terpilih Menjadi Anggota IPSAS Consultative Advisory Group

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Pada akhir tahun 2018, perwakilan Pemerintah Indonesia kembali terpilih menjadi anggota The International Public Sector Accounting Standards Consultative Advisory Group (IPSASB CAG) untuk masa keanggotaan periode kedua yang berakhir pada tahun 2020. Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan Firmansyah N. Nazaroedin.

IPSASB adalah organisasi internasional yang memiliki tujuan memperkuat pengelolaan keuangan publik di dunia internasional melalui peningkatan kualitas pelaporan keuangan. Berkenaan dengan tujuan tersebut, IPSASB mendorong pemerintahan maupun organisasi sektor publik lainnya di seluruh dunia untuk mengadopsi standar akuntansi publik berbasis akrual.

Penerapan akuntansi berbasis akrual dinilai akan menghasilkan laporan keuangan yang lebih komprehensif dan akurat. Dengan demikian, transparansi laporan keuangan semakin meningkat dan pada akhirnya kualitas pelaporan keuangan serta pengelolaan keuangan publik semakin baik.  

IPSASB CAG sendiri bertugas untuk memberikan saran dan masukan atas strategi, program kerja, agenda, dan proyek IPSASB, serta permasalahan lainnya yang berkaitan dengan proses aktivitas pembuatan standar oleh IPSASB.

Sejak tahun 2016 Indonesia mendapat kehormatan untuk bergabung dalam IPSASB CAG dengan terpilihnya Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan Firmansyah N. Nazaroedin sebagai anggota. Hal ini tidak terlepas dari penilaian Indonesia sebagai salah satu negara dengan Standar Akuntansi Pemerintahan yang baku dan telah menerapkannya dengan cukup baik.

Keanggotaan IPSASB CAG dipilih oleh sebuah panel berdasarkan nominasi yang masuk. Dengan terpilihnya kembali sebagai anggota IPSASB CAG, Indonesia memperoleh kesempatan untuk menyuarakan peningkatan transparansi dan akuntabilitas sektor publik di Indonesia, sekaligus berkontribusi dalam penyusunan dan pengembangan International Public Sector Accounting Standards (IPSAS). [Kontributor Dit. APK – FTS]

 
Oleh: Media Center Ditjen Perbendaharaan