Layanan Filial KPPN Fakfak di Kaimana Mengawal APBN di Kota 1001 Senja

Kaimana, djpb.kemenkeu.go.id,- Kehadiran Layanan Filial Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) adalah untuk memastikan bahwa negara hadir melayani setiap sendi pembangunan masyarakat. Demikian disampaikan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat Arif Wibawa dalam peresmian Layanan Filial KPPN Fakfak di Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Rabu (16/01).

Layanan Filial ini sama dengan layanan KPPN pada umumnya, karena para stakeholders akan diterima oleh petugas front office dan juga customer service dengan standar pelayanan yang sama sesuai dengan ISO 9001:2015.

“Semua layanan yang diberikan kepada stakeholders merupakan layanan yang tanpa biaya, sejalan dengan pencanangan zona integritas KPPN Fakfak menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK dan WBBM),” sebut Arif. Diharapkan kehadiran layanan filial ini akan mendorong terwujudnya WBK dan WBMM di wilayah Kabupaten Kaimana.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kaimana, Asisten I Kabupaten Kaimana, para Kuasa Pengguna Anggaran, dan jajaran Forkompida Kabupaten Kaimana. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian OTL Setditjen Perbendaharaan Suharno juga mengungkapkan terima kasih atas dukungan dari Pemda Kaimana dan Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat dalam pembentukan Layanan Filial tersebut, dengan harapan agar dukungan dan kerja sama ini terus berlanjut dan menjadi sinergi untuk dipertahankan guna mendukung tata kelola keuangan negara yang baik.

“Layanan filial memberikan jembatan bagi satuan kerja yang berada di lokasi yang remote atau sulit transportasinya untuk memperoleh layanan layaknya satuan kerja yang berada di satu wilayah yang sama dengan KPPN,” ungkap Suharno.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kabupaten Kaimana Ismail Sirfefa menyampaikan harapan agar pembentukan Layanan Filial KPPN Fakfak di Kaimana dapat mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan semangat pemberdayaan.

Kehadiran KPPN Filial Kaimana ini merupakan wujud sinergi yang baik antara Pemerintah Pusat dalam hal ini DJPb Kementerian Keuangan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana untuk mendekatkan pelayanan kepada sembilan belas Satker Pengelola APBN Lingkup Kabupaten Kaimana. Total pagu belanja APBN yang dikelola di Kaimana adalah senilai Rp154.886.233.000,00 yang terdiri atas Rp60.645.374.000,00 DAK Fisik dan Rp94.240.757.000,00 Dana Desa bagi 84 kampung.

Selain kegiatan peresmian layanan filial KPPN, juga diselenggarakan kegiatan penandatanganan Pakta Integritas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019, penyerahan DIPA Petikan Tahun 2019, serta penyerahan sertifikat Hibah Pemda Kaimana kepada Pengadilan Agama dan Polres Kaimana.

Di Layanan Filial KPPN Fakfak di Kaimana juga tersedia layanan jasa konsultasi berupa customer relationship management (CRM) untuk pencairan dana, setoran ke kas negara, dan juga konsultasi keuangan tingkat satker, sebagaimana disebutkan oleh Kepala KPPN Fakfak Untung Setya Nugraha. [SAL]

 

Oleh: Media Center Ditjen Perbendaharaan