BERITA

KPPN Tanjung Pandan Terima Penghargaan dari TVRI, Bukti Nyata Corporate Branding

Tanjung Pandan, djpbn.kemenkeu.go.id, - Sinergi  merupakan elemen yang sangat penting dalam suatu organisasi karena kerja sama adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam berorganisasi. Tidak terbatas pada sinergi internal yang tentunya harus baik, sinergi yang baik dengan pihak eksternal juga harus dibangun dalam sebuah entitas/organisasi. Menerapkan konsep kantor yang modern, KPPN Tanjung Pandan telah banyak melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak eksternal, salah satunya dengan Stasiun TVRI Bangka Belitung.

Senin (3/12), Kepala KPPN Tanjung Pandan Rd. Yen Yen Nuryeni menghadiri undangan TVRI untuk menerima apresiasi pada acara Malam Apresiasi 4 Tahun TVRI Bangka Belitung Mengabdi Untuk Negeri dan HUT ke-18 Provinsi Kep. Bangka Belitung dii Bhay Park Polda Babel. Dalam kegiatan tersebut, TVRI menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah instansi, termasuk KPPN, sebagai apresiasi atas dukungannya kepada TVRI untuk terus berkarya.

KPPN Tanjung Pandan menjadi satu-satunya kantor Eselon III yang menerima apresiasi pada acara malam apresiasi TVRI tersebut. Ini adalah salah satu capaian dan bukti nyata bahwa kegiatan kantor dapat disinergikan dengan membangun corporate branding.

“KPPN Tanjung Pandan telah menginisiasi bagaimana corporate branding dibangun hingga akhirnya diakui oleh lembaga lain. Strategi ini bisa diterapkan pada kantor lain,” pesan Rd. Yen Yen Nuryeni setelah menerima penghargaan tersebut.

Selama ini memang terdapat sejumlah kegiatan yang telah mewujudkan sinergi antara KPPN dan TVRI. Sepanjang tahun 2018, terdapat tiga kegiatan KPPN Tanjung Pandan yang telah diliput dan disiarkan menjadi konten inti di acara “Yuk Ngopi Luk” TVRI Bangka Belitung. Yang pertama adalah Forum Group Disccussion (FGD) Kelas Eksekutif KPA dengan tema “KPA Cerdas Kerja Tuntas” di Kafe Hangga. FGD dikemas dengan ringan dan santai dengan mengundang seluruh KPA di pulau Belitung sebagai mitra kerja KPPN Tanjung Pandan untuk diskusi mengenai langkah-langkah strategis penyerapan anggaran tahun anggaran 2018.

Kegiatan berikutnya adalah FGD Dana Desa dengan tema “Membangun Desa, Rakyat Sejahtera”. KPPN Tanjung Pandan mengundang seluruh Kepala Desa di Belitung, perwakilan Pemerintah Daerah, pendamping desa serta camat untuk hadir di Kafe Hanggar mengikuti diskusi santai yang dipimpin oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan membahas penyaluran dana desa yang tepat waktu dan output sesuai tahapannya yang akan dicapai.

Kegiatan terakhir yang telah diliput oleh TVRI adalah Dialog Interaktif Membangun Indonesia Melalui Dana Desa yang dipandu oleh Budi, senior TVRI Babel dan dihadiri oleh Kepala Desa dan Ketua Apdesi Kabupaten Belitung. Kepala KPPN Tanjung Pandan beserta Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung, Kepala Bidang Pemdes Kab. Belitung serta Kepala BPKP Perwakilan Babel diundang untuk menjadi narasumber untuk diskusi bersama terkait penyaluran dana desa serta solusi atas permasalahan yang ditemui aparatur daerah.

Ketiga acara tersebut disiarkan oleh Stasiun TVRI Bangka Belitung dan mendatangkan PNBP melalui hadirnya iklan selama durasi acara tersebut. Selain itu, sinergi antarlembaga ini mendukung program corporate branding yang dibangun oleh KPPN Tanjung Pandan. Sesuai dengan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait pentingnya corporate branding bagi instansi pemerintahan, KPPN Tanjung Pandan telah memulai program corporate branding sejak pertengahan tahun 2017 yang direalisasikan dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak pihak.

Pada akhir tahun 2018 ini, corporate branding yang dibangun sudah terasa hasilnya dan telah diakui baik oleh pihak yang berkaitan langsung dengan KPPN Tanjung Pandan maupun yang tidak berkaitan langsung. [OCM-Kontributor KPPN Tanjung Pandan]

 

Oleh: Media Center Ditjen Perbendaharaan