BERITA

KPPN Tanjung Pandan Menjadi Benchmark Kantor Layanan Modern di Belitung

Tanjung Pandan, djpb.kemenkeu.go.id,- KPPN Tanjung Pandan mendapat kunjungan kerja benchmarking dari Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie beserta perwakilan pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, yaitu dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Belitung, Senin (7/1).

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Belitung mendapatkan penjelasan dari Kepala KPPN Tanjung Pandan, Rd. Yen Yen Nuryeni seputar inovasi-inovasi dan standar layanan kantor modern milik KPPN Tanjung Pandan. Di antaranya Taman Zona Integritas (ZI) sebagai sarana soft education tentang ZI, Seputar Informasi Mengenai Perbendaharaan, OM-SPAN, dan Regulasi (SIMPOR) sebagai e-banner dan sumber update informasi perbendaharaan, Satam Lounge sebagai ruang konsultasi satuan kerja mitra KPPN Tanjung Pandan, Maklumat Pelayanan, charging box, snack corner, toilet ruang layanan yang berkonsep bintang lima, hingga simulasi fasilitas parkir mandiri.

Selama kunjungan, Wakil Bupati Belitung beserta jajarannya melihat langsung proses bisnis layanan yang mudah, cepat, dan bebas biaya pada KPPN Tanjung Pandan. Menurut Isyak, KPPN Tanjung Pandan menjadi kantor rujukan dalam membangun kantor layanan modern, baik dari sisi sarana dan prasarana, SOP, SDM maupun inovasi dalam memberikan pelayanan kepada mitra kerjanya.

“Kantor yang sangat fungsional. Fasilitas memuaskan, layanan yang excellent, lengkap, luar biasa! Saya salut dengan manajemennya. Kami akan banyak belajar dari KPPN Tanjung Pandan dan beberapa hal akan kami coba terapkan di Pemda Belitung,” ungkap Isyak.

Sebagai unit kerja pelayanan yang meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB, KPPN Tanjung Pandan telah menjadi benchmark kantor layanan modern di Pulau Belitung. Beberapa instansi lain yang pernah datang ke KPPN Tanjung Pandan untuk benchmarking di antaranya Kejari Belitung, Kanwil Kemenag Provinsi Bangka Belitung, dan BPS Provinsi Bangka Belitung.

“Saya terharu dan bangga. Pemda Belitung ingin menerapkan organisasi modern dan pimpinannya turun langsung untuk mengawal perubahan tersebut. Di sisi lain, ini merupakan apresiasi dan penghargaan untuk kami jika apa yang kami lakukan akan memberikan banyak manfaat atau inspirasi, serta mempengaruhi pihak luar untuk bergerak ke arah titik yang sama, yaitu perbaikan. Semua ini untuk kemajuan Pulau Belitung,” pungkas Yen Yen. [DLO-Kontributor KPPN Tanjung Pandan]

 

 
Oleh: Media Center Ditjen Perbendaharaan